Halo, Teman Peduli.

Perkenalkan salah satu pejuang kanker cilik yaitu Yudistira Athallah Razka. Saat ini ia sedang berjuang melawan penyakit kanker darah yang menggerogoti tubuh kecilnya. Ia didiagnose menderita kanker darah akut (Leukimia ALL).

Kanker Darah

Yudistira Penderita Kanker Darah Cilik

Sebelum kanker tersebut menyerang, Yudis merupakan sosok anak yang aktif bergerak dan berlarian kesana kemari. Ia selalu bermain dan bercanda tawa bersama orang tuanya. Tawa riangnya senantiasa selalu terpancar dan selalu menghidupi suasana rumah, yang tentunya juga menularkan kebahagiaan kepada orang tuanya.

Sekarang Yudis berubah menjadi sosok yang pendiam dan tidak bersemangat. Semua senyum dan tawanya hilang. Kanker darahlah yang menjadi penyebabnya.

Semua itu bermula dari kondisi kesehatan Yudis yang terus mengalami penurunan, saat itu Yudis demam sampai beberapa hari, nafsu makan dan berat badannya turun secara drastis, wajahnya pucat dan enggan untuk berjalan sebab mengeluh kakinya sakit. Orang tuanya membawa klinik, namun tidak ada perkembangan dan kondisi Yudis semakin memburuk.

Karena tidak adanya perkembangan, orang tua Yudis memutuskan untuk membawanya ke Rumah Sakit terdekat. Yudis melakukan pemeriksaan lab dan ia mendapatkan transfusi darah sebanyak 3 kantong, karena HB nya hanya 2,5 g/dl. Berdasarkan hasil pemeriksaan lab, Yudis dinyatakan menderita kanker darah akut (Leukimia All).

Kanker Darah

Yudistira Penderita Kanker Darah Akut

Kemoterapi merupakan jalan satu-satunya yang dapat ditempuh untuk membunuh blast kanker darah yang ada di tubuh Yudis. Rangkaian pengobatan kemoterapi dengan jadwal yang panjang dan padat tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Semua usaha telah dilakukan oleh orang tua Yudis demi kesembuhan sang buah hati. Menjual semua barang yang dipunya, hingga meminjam uang ke sanak saudara dan rekan yang dikenal sudah dilakukan semuanya. Besarnya biaya pengobatan yang dibutuhkan dan biaya untuk pembelian obat yang tidak di cover oleh BPJS, membuat orang tua Yudis kewalahan untuk mengusahakannya, namun apapun jalannya mereka sekuat tenaga untuk menyanggupinya.

Teman Peduli, sudah tahukah kamu apa itu kanker darah dan bagaimana gejalanya? Apa itu kanker darah, penyebab, dan gejalanya sangat penting untuk diketahui terutama bagi orang tua, agar dapat terdeteksi sedari dini dan dapat diobati segera. Karena kanker darah merupakan jenis kanker yang umumnya diderita oleh anak-anak dan termasuk salah satu penyakit yang mematikan.

Baca Juga: Luka Bakar Memprihatinkan, Azril Kehilangan Percaya Diri 

Apa Itu Kanker Darah?

Dilansir dari Alodokter, kanker darah atau leukimia yaitu jenis kanker yang mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah putih. Penyakit ini terjadi karena sumsum tulang menghasilkan sel darah putih abnormal dengan jumlah berlebihan yang tidak berfungsi dengan baik.

Sel darah putih yang tidak berfungsi dengan optimal, akan membuat tubuh anak mudah terserang infeksi. Bahkan, sel darah putih yang abnormal tersebut juga dapat berbalik menyerang sel atau organ tubuh lain yang sehat. Kedua kondisi ini pada akhirnya akan menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Penyebab Kanker Darah

Kanker darah pada anak terjadi karena adanya mutasi atau perubahan sifat genetik pada sel darah putih, sehingga sel-sel tersebut tumbuh secara tidak terkendali. Tapi hingga saat ini, hal-hal yang memicu mutasi sel penyebab kanker darah tersebut belum diketahui secara pasti.

Walupun penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya leukimia pada anak, yaitu:

  • Memiliki kelainan genetik
  • Memiliki anggota keluarga dengan riwayat leukemia
  • Memiliki riwayat paparan secara terus-menerus dari radiasi, kemoterapi, atau bahan kimia tertentu seperti insektisida atau pestisida
  • Memiliki riwayat transplantasi organ

Ibu hamil yang sering mengonsumsi minuman beralkohol juga dipercaya dapat meningkatkan risiko leukimia pada bayi. Tapi, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Ayobantu dan Kelapa Gading Bikers Salurkan Donasi ke Yayasan Ginjal Indonesia, Bantu Biaya Pengobatan dan Alat Kesehatan Pasien

Gejala Kanker Darah

Kanker darah sangat membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Apabila tidak, penyakit ini dapat membahayakan nyawa. Berikut ini beberapa gejala kanker darah yang harus diwaspadai oleh orang tua:

  1. Wajah Pucat

Kanker darah menyebabkan penurunan sel darah merah yang memicu terjadinya anemia, sehingga membuat wajah terlihat pucat.

  1. Rentan Terkena Infeksi

Pada penderita leukimia, sel darah putih yang memiliki fungsi untuk melindungi tubuh jumlahnya meningkat, namun sel-sel darah putih tersebut tidak berfungsi secara normal, sehingga membuat penderita rentan terkena infkesi. Gejala infkeksi yang biasanya muncul yaitu demam.

  1. Mudah Mengalami Pendarahan

Penderita leukimia  mudah mengalami pendarahan, karena adanya penurunan jumlah trombosit. Jumlah trombosit yang sedikit akan mengganggu proses pembekuan darah, sehingga pendarahan lebih mudah terjadi. Gejalanya berupa mudah memar, gusi berdarah, dan sering mimisan.

  1. Nyeri Tulang dan Sendi

Penumpukan sel-sel darah putih yang abnormal di area persendian, membuat penderita leukimia sering merasakan nyeri pada tulang dan sendi.

  1. Sulit Bernapas

Kesulitan bernapas disebabkan oleh penumpukan sel-sel abnormal yang terdapat di pembuluh darah paru-paru.

  1. Kehilangan Nafsu Makan dan Nyeri Perut

Sel abnormal yang menumpuk pada organ tubuh akan membuatnya menjadi bengkak dan menekan organ lainnya. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya nyeri pada perut dan membuat nafsu makan menurun.

  1. Pembengkakan Kelenjar

Sel-sel darah putih pada penderita leukimia juga sering menumpuk di kelenjar getah bening, hal inilah yang menyebabkan terjadi pembengkakan. Gejalanya dapat berupa benjolan di leher, dada, ketiak, pangkal paha, dan lain-lain

Tindakan pengobatan dapat dilakukan setelah jenis kanker darah atau leukimia yang diidap penderita diketahui. Tindakan kemoterapi dan terapi radiasi merupakan pengobatan yang dilakukan untuk mematikan dan memusnahkan sel kanker tersebut.

Teman Peduli, rasa sakit yang sangat teramat dan proses pengobatan yang panjang dan tidak terlihat garis ujungnya, tentu sangat berat untuk anak kecil seperti Yudis. Biaya pengobatan yang mahal dan tidak sepenuhnya ditanggung oleh BPJS, biaya penunjang dan kebutuhan Yudis lainnya membuat orang tua Yudis kelimpungan dalam mencukupinya. Orang tuanya hanya berprofesi sebagai buruh serabutan dengan penghasilan yang sangat jauh dari kata cukup untuk membiayai seluruh pengobatan Yudis.

Teman Peduli, Yudis dan orang tuanya sangat membutuhkan uluran tangan kita. Kembalikan sosok periang dan aktif Yudis dengan cara klik di sini ya.

Satu donasi darimu, satu langkah untuk kesembuhan Yudis!

Referensi:

Kenali 7 Gejala Kanker Darah pada Anak Beserta Penyebabnya – Alodokter.com (2022)