Perkembangan teknologi yang pesat membuat segala hal dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya yaitu kegiatan dalam melakukan penggalangan dana. Saat ini penggalangan dana dapat dilakukan dengan praktis melalui aplikasi galang dana Ayobantu. Ayobantu merupakan salah satu platform galang dana online yang telah memiliki izin untuk pengumpulan uang dan barang untuk bencana dan non bencana di Kementrian Sosial Republik Indonesia.

Penggalangan dana di Ayobantu tak hanya praktis untuk dilakukan, tetapi juga tepat sasaran dan transparan. Program penggalangan dana di Ayobantu dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan juga penyaluran dana dilakukan secara transparan.

Untuk dapat melakukan penggalangan dana di aplikasi Ayobantu, Teman Peduli harus membuat akun profil galang dana terlebih dahulu.

Supaya Teman Peduli tidak keliru, berikut tata cara lengkap pembuatan akun profil galang dana di Ayobantu!

Cara membuat akun profil penggalangan dana di Ayobantu.com:

  • Akses situs Ayobantu.com via smartphone atau laptop, lalu klik “Masuk”;

  • Klik tombol “Daftar”, atau kamu juga bisa daftar akun menggunakan Facebook dan akun Google, isi seluruh data akun (email, password, dan nomor handphone). Jangan lupa centang persetujuan “Syarat dan Ketentuan”;

  • Setelah pendaftaran berhasil, lakukan verifikasi email dengan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya, kemudian klik “Masuk”;

  • Setelah melakukan verifikasi email, tim Ayobantu akan mengirimkan link verifikasi email untuk melakukan aktivasi akun ke email-mu. Klink link “ Verifikasi Email”;

  • Selamat! Akun kamu sudah berhasil dibuat. Langkah selanjutnya yaitu aktivasi akun di Ayobantu.com. Aktivasi akun ini bertujuan agar pihak Ayobantu tahu identitas resmi penanggung jawab penggalangan danamu nantinya. Verifikasi akun terdiri dari 5 tahapan dan masing-masing tahapan ini wajib diisi dengan data yang benar dan jangan sampai terlewatkan satu data pun, agar permintaan verifikasi disetujui oleh tim Ayobantu.
  • Tahapan pertama, isi data (jenis akun, nama, email, dan alamat individu/organisasi/yayasan/komunitas). Jika sudah “Klik Selanjutnya” untuk beralih ke tahapan berikutnya.

  • Tahapan ke dua, isi identitas penanggung jawab (nama, nomor WhatsApp, nomor KTP, dan foto KTP). Jika sudah “Klik Selanjutnya” untuk beralih ke tahapan berikutnya.

  • Tahapan ke tiga, isi identitas pemegang akun (nomor WhatsApp, nomor KTP, foto KTP, dan foto selfie memegang KTP). Jika sudah “Klik Selanjutnya” untuk beralih ke tahapan berikutnya.

  • Tahapan ke empat, isi informasi pencairan dana (nama bank, nomor rekening, nama rekening, dan upload scan foto buku tabungan). Jika sudah “Klik Selanjutnya” untuk beralih ke tahapan terakhir.

  • Tahapan ke lima, upload berkas-berkas dokumen yang perlu untuk dilengkapi berupa:

a. Surat pernyataan yang sudah ditanda tangani menggunakan materai 10.000.

b. Berkas pendukung (akta notaris, alamat domisili, surat tanda daftar akun, rekam medis, dan lain-lain).

  • Setelah selesai melakukan verifikasi akun dan melengkapi seluruh berkas di keseluruhan tahapan, selanjutnya verifikasi OTP. Kode OTP akan dikirimkan ke nomor WhatsApp pemegang akun. Setelah menerima kode OTP yang terdiri dari enam angka, kemudian klik “verifikasi OTP”Permintaan verifikasi akunmu telah masuk dan sedang di-review oleh tim Ayobantu. Kamu akan menerima email dari Ayobantu jika verifikasi akunmu diterima. Setelah diverifikasi, barulah kamu bisa membuat campaign penggalangan dana di Ayobantu.com.

Itu dia tutorial lengkap cara membuat akun profil galang dana di Ayobantu. Semoga Teman Peduli tidak kebingungan terkait proses penggalangan dana lagi ya. Kalau Teman Peduli masih memiliki seputar pertanyaan terkait donasi dan penggalangan dana di Ayobantu.com, Teman Peduli bisa cek selengkapnya di sini.