Halo, Teman Peduli.

Hati orang tua mana yang tidak sedih, ketika mendengar curhatan sang buah hati atas perlakuan diskriminasi yang ia dapatkan dari teman-temannya? Kesedihan sang anak tentunya juga akan menjadi kesedihan orang tua.

Begitu juga dengan Ibunda Azril, kesedihan luar biasa ia rasakan, ketika anak tunggal satu-satunya mencurahkan isi hatinya. Diledek oleh teman-teman seperti monster, karena luka bakar yang ia derita. Luka bakar ini sukses membuat ia minder dan tidak mau lagi bermain di luar dengan teman-temannya. Luka ini menarik jauh lebih dalam sosok Azril yang semulanya periang.

Simak kisah Azril, balita dengan luka bakar serius di sekujur tubuh!

Tentang Luka Bakar

Contoh Kulit dengan Luka Bakar

Contoh Kulit dengan Luka Bakar

Luka bakar adalah kondisi kerusakan jaringan tubuh dikarenakan suhu panas, misalnya api, air, uap, minyak panas, bahan kimia keras, listrik, radiasi, atupun berasal dari gas yang mudah terbakar.

Kulit yang mengalami luka bakar, akan terasa nyeri dan juga akan tampak kemerahan, melepuh, mengelupas, bengkak, dan bahkan akan terlihat hangus. Luka tersebut dapat dikelompokkan atau dikategorikan berdasarkan tingkat keparahannya.

Baca Juga: Body Positivity: 5 Kiat Mencintai Diri

Mengenal Derajat Luka Bakar dan Cara Pengobatannya

Tingkatan atau derajat luka bakar dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori. Setiap tingkatan tersebut, dinilai berdasarkan tingkat keparahan atau kerusakan yang terjadi pada kulit. Berikut tingkatannya:

  • Superficial Burn (Derajat Luka Bakar Tingkat 1)

Pada tingkatan ini, kerusakan kulit terjadi pada epidermis atau lapisan kulit luar. Luka pada tingkatan ini kulit akan terlihat merah, kering dan juga terasa sakit. Luka tingkatan ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang dapat sembuh dengan sendirinya, seiring berjalannya waktu.

  • Superficial Partial- Thickness Burn (Derajat Luka Bakar Tingkat 2)

Pada derajat luka tingkatan ini, kerusakan terjadi pada epidermis dan sebagian lapisan dermis yang lebih dalam. Luka pada tingkatan ini, kulit terlihat merah, lecet, melepuh, bengkak, dan menimbulkan nyeri yang hebat. Derajat luka pada tingkatan ini terjadi ketika kulit bersentuhan langsung dengan benda panas, untuk pengobatannya dapat ditempuh dengan salep, tanpa menempuh metode operasi atau bedah.

  • Full Thickness Burn (Derajat Luka Bakar Tingkat 3)

Kerusakan pada jaringan ini, tidak hanya terjadi pada lapisan epidermis dan dermis saja, namun telah mengenai lapisan terdalam. Kulit yang mengalami luka tingkat ini, akan terlihat putih, hangus, kasar, dan mati rasa. Operasi atau bedah menjadi jalan satu-satunya untuk pengobatan pada tingkatan luka ini.

Baca Juga: Serangan Penyakit Lupus Buat Kulit Ibu Sri Mengelupas Parah

Azril, Balita Penderita Luka Bakar Serius di Sekujur Tubuh

Luka Bakar Azril Memprihatinkan

Luka Bakar Azril Memprihatinkan

Bocah kecil yang dulunya periang, sekarang berubah menjadi pribadi yang murung dan tidak percaya diri, karena luka bakar serius yang ia derita. Luka tingkat 3 ini, telah membuatnya bolak-balik keluar kamar operasi.

Api yang melahap tubuh kecilnya kala itu, membuat seluruh bagian mukanya terbakar, pipinya gosong, bulu matanya rontok, dan tak bisa menggerakkan tangan. Pasca musibah tersebut, ia telah melakukan 7x operasi, mulai dari operasi bagian kaki, perut, tangan, muka, dan bagian lehernya. Karena kondisinya yang terus mengalami perburukan, operasi yang akan ia jalankan pun dibagi menjadi beberapa tahapan.

Luka Bakar Azril

Luka Bakar Azril

Api tersebut membuat leher dan bibirnya menyatu, yang membuatnya kesulitan untuk makan dan berbicara, sehingga operasi plastik harus dilakukan untuk menyelamatkannya. Langkah operasi dilakukan agar Azril tidak mengalami kecacatan seumur hidup.

Mendapatkan diskriminasi dari teman-teman, karena fisiknya yang sudah tidak sempurna, membuatnya kerap kali dijuluki sebagai monster. Kejadian tersebut tidak hanya menghilangkan sisi periang, membuat fisiknya cacat, tapi juga menimbulkan trauma yang mendalam terhadap api.

Masih banyak rangkaian operasi lagi yang harus dijalani oleh Azril, dan untuk operasi selanjutnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Segala daya dan upaya telah dilakukan oleh Ayahnya, mulai dari menggunakan gaji yang tidak seberapa sebagai buruh bangunan, menjual sawah, motor satu-satunya, dan juga perabotan rumah. Tapi sayangnya, dana yang dikumpulkan masih jauh dari target yang dibutuhkan.

Teman Peduli, yuk bantu Ayah dan Ibunda Azril untuk mencukupi biaya operasi luka lanjutan Azril anak tunggal mereka. Kembalikan sisi periang Azril dan angkat kesedihan Ayah Ibundanya, dengan cara klik di sini.

Satu donasi darimu, satu titik harapan untuk kembalikan sisi periang Azril.