Jakarta, 11 Agustus 2022 – Ayobantu dan komunitas pesepeda Kelapa Gading Bikers (KGB) menyalurkan hasil donasi kepada Yayasan Ginjal Indonesia, Minggu (7/8/2022). Donasi tersebut merupakan hasil galang dana dalam kegiatan KGB Charity Movement 2022 yang dilakukan selama dua minggu, yaitu 15-30 Juli 2022.

Penyaluran donasi dilaksanakan di Kozi Coffee, Kuningan, Jakarta Selatan. Acara dihadiri oleh tim Ayobantu, para anggota komunitas KGB, dan keluarga penerima manfaat dari Yayasan Ginjal Indonesia.

Berawal dari Keprihatinan

Aksi amal melalui KGB Charity Movement 2022 berangkat dari keprihatinan KGB terhadap akses pengobatan masyarakat yang kurang mampu. Menurut KGB, ketersediaan produk jaminan kesehatan yang dikeluarkan pemerintah belum mampu menjangkau seluruh masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu.

“Dari BPJS memang meng-cover (biaya) tertentu. Ada beberapa yang harus di-cover sendiri, obat-obatan tertentu harus di-cover sendiri. Tujuan kami untuk membantu supaya semua (proses pengobatan pasien) berjalan lebih lancar,” kata Ketua KGB, Benny Yahya.

Implementasi donasi Ayobantu dan Kelapa Gading Bikers kepada Yayasan Ginjal Indonesia

Ketua Komunitas Kelapa Gading Bikers, Benny Yahya, (kanan) dalam acara implementasi donasi KGB Movement Charity 2022, Minggu (7/8/2022). (Dok. Ayobantu)

Baca Juga: Kisah Hadi Tombro, Memajukan Pendidikan Anak di Papua Melalui Hobi Bersepeda

KGB Charity Movement 2022

Untuk merealisasikan misi tersebut, KGB berkolaborasi dengan Ayobantu melakukan aksi galang dana bernama KGB Charity Movement 2022. Hasil penggalangan dana disalurkan untuk campaign #BantuSembuh, program gotong royong untuk membantu biaya pengobatan masyarakat yang membutuhkan.

Ada 30 fundraisers yang ikut serta dalam KGB Charity Movement 2022. Para fundraisers dan anggota KGB lainnya menyertai aksi galang dana dengan bersepeda sejauh 200 kilometer di Bali, pada 23 Juli 2022 lalu.

Selama dua minggu penggalangan dana, total donasi yang terkumpul telah tercapai, bahkan melebihi target. Dari target donasi senilai Rp70 juta, total donasi yang terkumpul sebesar Rp 76.758.485. KGB mempercayakan Ayobantu untuk mengelola hingga menyalurkan hasil donasi kepada Yayasan Ginjal Indonesia.

“Acara ini merupakan kolaborasi Ayobantu dan KGB dalam rangka mengumpulkan donasi untuk anak-anak Yayasan Ginjal Indonesia. Dan syukurlah melebihi target donasi, yaitu sebesar 70 juta rupiah” jelas CEO Ayobantu, Agnes Yuliavitriani.

Implementasi donasi Ayobantu dan KGB untuk Yagin

CEO Ayobantu, Agnes Yuliavitriani, dalam acara implementasi donasi KGB Movement Charity 2022, Minggu (7/8/2022). (Dok. Ayobantu)

Baca Juga: Perjuangkan Pengobatan Pasien Anak Kaum Dhuafa, Simak Cerita Yayasan Pasien Anak Indonesia

Bantu Biaya Kesembuhan Pasien Yayasan Ginjal Indonesia

Dalam acara penyaluran donasi, hasil donasi diserahkan kepada 10 penerima manfaat di bawah pendampingan Yayasan Ginjal Indonesia. Lima di antaranya menerima bantuan kesehatan dan pendampingan gizi.

Sementara itu, lima orang lainnya menerima bantuan berupa alat kesehatan ginjal. Bantuan lain yang diberikan adalah uang tunai dan dua sepeda untuk mendukung program Rumah Singgah Yayasan Ginjal Indonesia.

Penyerahan donasi Ayobantu dan Kelapa Gading Bikers kepada Yayasan Ginjal Indonesia

(kiri ke kanan) Founder Yayasan Ginjal Indonesia Syaiful Hady, CEO Ayobantu Agnes Yuliavitriani, dan Ketua KGB Benny Yahya, melakukan serah terima donasi dari galang dana KGB Charity Movement 2022. (Dok. Ayobantu)

“Saya sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya. Ini adalah sesuatu yang luar biasa, olahraga yang dipadukan dengan charity,” kata Founder Yayasan Ginjal Indonesia, Syaiful Hady.

Ibu Fayruz, salah satu penerima manfaat yang menderita kebocoran ginjal, turut mengucapkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan.

“Terima kasih untuk KGB dan Ayobantu. Semoga pemberian ini bermanfaat untuk kami di sini. Doakan anak-anak kami seperti anak-anak lain. Sehat, ceria, bisa bermain seperti anak normal lainnya,” ujarnya.

Tentang Ayobantu.com

Ayobantu adalah platform donasi online yang didirikan sejak awal tahun 2020 dan memiliki misi utama untuk membangun masyarakat Indonesia dengan kasih dan kebersamaan. Yayasan Ayo Bantu Peduli Indonesia berada di bawah izin resmi PUB (Pengumpulan Uang dan Barang) dari Kementerian Sosial dengan SK Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) serta Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Ayobantu bekerjasama dengan berbagai pihak dalam membangkitkan peranan masyarakat untuk berbagi kepada kelompok sosial sekitar melalui berbagai kegiatan.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Ayu Maharani

62 812-8400-7585

Email: [email protected]