Peserta Green Fly Mengayuh Sepeda dengan Semangat. (Dok. Green Fly)

Jakarta, 7 Maret 2023 – Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk kemajuan dan masa depan bangsa. Di Indonesia sendiri, masalah pendidikan masih mengalami berbagai persoalan salah satunya yaitu mengenai kompetensi dan kualitas guru atau tenaga pendidik yang ada.

Guru memegang peranan yang sangat krusial dalam tonggak pendidikan, kualitas dan kompetensi yang mereka punya menjadi faktor penting yang mempengaruhi masa depan bangsa. Faktor keberhasilan dalam proses belajar mengajar serta bagusnya kualitas pendidikan juga hanya bisa diwujudkan dengan guru yang baik dan berkompeten.

Tapi sayangnya, kualitas tenaga pendidik di Indonesia masih tergolong rendah. Berangkat dari keprihatinan terhadap permasalahan tersebut, Indonesian Overseas Alumni (IOA) bersama komunitas sepeda Green Fly Jakarta mengadakan event charity dengan tajuk Lombok Charity Ride 2023 – 1500 KM untuk 1500 guru di Lombok Utara. Kegiatan gowes ini berlangsung selama 7 hari mulai dari Jum’at, 3 Maret lalu hingga, kemarin, Kamis 9 Maret 2023. 

Baca Juga: Heboh Perihal Childfree, Mari Pahami Istilah dan Faktornya!

Sebanyak 19 pedalis yang terdiri dari atlet profesional, pemengaruh, dan penyuka olahraga akan mengayuh pedalnya sejauh 1500 KM dengan membawa misi menggalang dana untuk membantu program pelatihan 1500 guru dan kepala sekolah dasar di Kabupaten Lombok Utara yang dijalankan oleh IOA. Lombok Utara dipilih sebagai lokasi untuk diberikannya pelatihan tenaga pendidik karena sektor pendidikan di sana masih menghadapi banyak tantangan, mulai dari rendahnya angka masa sekolah yaitu hanya 5,9 tahun, banyaknya pernikahan dini, hingga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terendah di NTB.

Terlebih pasca terjadinya gempa bumi di tahun 2018 lalu dengan kekuatan 7 SR yang membuat lebih dari 500 jiwa meninggal dunia dan lebih dari 2500 bangunan sekolah yang hancur. Hal ini membuat pendidikan di Lombok Utara semakin terpuruk.

Dengan diadakannya program Lombok Bangkit dari IOA dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemberian pelatihan terhadap guru, sektor pendidikan di Lombok Utara dapat secara perlahan bangkit dan dengan bagusnya kualitas tenaga pendidik dapat menarik minat serta membangkitkan semangat anak-anak dalam belajar mengejar impian.

Hingga Selasa pagi (07/03/2023), total donasi yang berhasil dikumpulkan oleh para pedalis pahlawan pendidikan melalui ayobantu.com lebih dari Rp 500 juta demi meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air.

Meskipun kamu tidak bisa ikut event charity ini, kamu bisa dukung para pedalis hebat tersebut dengan donasi di sini.

Satu donasi darimu akan membuat kayuhan pedal mereka berjasa untuk kemajuan pendidikan Indonesia!

Baca Juga: Ayobantu.com Dukung Event Charity Run SatuKata Peduli 3 untuk Pendidikan Disabilitas