Jakarta – Sebanyak 200 pelari yang berasal dari berbagai daerah, mengikuti Green Heroes Run 2023 untuk kelestarian mangrove dan alam Indonesia. 120 pelari kategori 5K dan 80 pelari kategori 10K berkumpul di garis start Elevee Marketing Gallery, Alam Sutera, Tangerang Selatan untuk memulai misi mulia ini.

Setiap pelari ditantang untuk mencapai personal best secepat mungkin dan berlari di bawah waktu COT. COT kategori lari 10K yaitu 70 menit, sedangkan untuk kategori 5K yaitu 35 menit. 

Per menit sisaan waktu dihargai Rp10.000,- yang akan dikonversikan menjadi donasi untuk pelestarian hutan mangrove. Donasi akan dibayar oleh Indodax, platform jual beli aset kripto.

Total donasi yang berhasil dikumpulkan oleh para pelari yaitu lebih dari 12 juta rupiah. Donasi akan disalurkan kepada campaign Green Heroes untuk Mangrove milik Yayasan Konservasi Alam Nusantara.

Baca Juga: Dahsyatnya Sedekah Subuh dan 3 Cara Mengamalkannya

Alasan mangrove dipilih menjadi sasaran donasi, karena mangrove di Indonesia kini mulai terancam akibat degradasi dan deforestasi. Lebih dari 600 ribu hektare hutan mangrove harus dipulihkan, agar dapat berfungsi seperti semula sebagai sistem pendukung kehidupan. 

Mendukung pelestarian ekosistem mangrove yang tersisa merupakan langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk mengurangi emisi karbon dan memitigasi perubahan iklim.

Hasil donasi yang terkumpul akan dipergunakan untuk merestorasi dan melestarikan hutan mangrove yang ada di Muara Angke, Jakarta Utara. Implementasi akan dilakukan langsung oleh Yayasan Konservasi Alam Nusantara dan berbagai pihak yang turut andil dalam menyukseskan event Green Heroes Run 2023 ini.

“Seru banget habis ngikutin event Green Heroes ini, kita bisa berlari dengan COT, di mana saya lari di kategori 5K dengan COT yaitu 35 menit. Kalau saya berhasil lari di bawah waktu COT, hasil sisaan waktu yang saya punya akan didonasikan untuk kelestarian mangrove. Harapannya dengan mengikuti event ini, saya bisa berkontribusi untuk hutan mangrove yang ada di Jakarta, Jakarta sendiri bisa dibilang merupakan wilayah pesisir dan mangrove menjadi perlindungan natural daratan dari lautan dan sebagai pemecah ombak. Mudah-mudahan dari event ini kita bisa berkontribusi lebih untuk mangrove Indonesia.” ucap Aditya Pamungkas, salah satu peserta Green Heroes Run 2023.

Baca Juga: Green Heroes Run 2023: Ajang Lomba Lari dengan Misi Pelestarian Lingkungan