Kemerdekaan yang dirasakan oleh rakyat Indonesia saat ini bukanlah didapatkan secara instan. Semuanya merupakan hasil jerih payah para pahlawan yang telah berjuang sampai akhir dengan mengandalkan bambu runcing sederhana.

Sebagai bangsa yang besar, sudah seharusnya kita sebagai generasi penerus menghormati dan menghargai jasa mereka. Teman Peduli tahu kenapa kita harus menghargai jasa pahlawan? 

Simak beberapa alasan berikut ya, agar kamu selalu ingat dan tidak pernah lupakan jasa mereka!

Beberapa Alasan Mengapa Kita Harus Mengingat Jasa Pahlawan

  • Bertaruh Nyawa untuk Kemerdekaan Indonesia

Alasan pertama mengapa kita harus menghargai jasa para pahlawan yaitu karena mereka sudah bertaruh nyawa untuk kemerdekaan negara kita. Mereka sudah berjuang, rela berkorban, dan tak gentar untuk membela tanah air dan kemerdekaan Indonesia.

  • Membebaskan Rakyat dari Penjajah

Sebelum merdeka, rakyat Indonesia sudah sengsara karena ulah para penjajah. Rakyat Indonesia dijajah dalam kurun waktu yang sangat lama. Rakyat kita dijadikan budak, kerja paksa tanpa upah, serta harus memberikan upeti dalam jumlah yang besar.

Dengan gagah berani dan semangat juang yang berkobar, para pahlawan berhasil mengusir para penjajah, sehingga kita bisa bebas hidup damai, tentram, tanpa diliputi ketakutan seperti saat sekarang ini.

  • Jasa Mereka untuk Bangsa dan Negara Sangat Besar

Kita semua pasti sudah tahu bagaimana sejarah para pahlawan berjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Banyak perang di berbagai daerah yang terjadi dengan tujuan yang sama yaitu mengusir para penjajah bangsa. Berbagai cara mereka lakukan, berjuang dengan alat perang sederhana, semua ini mereka lakukan untuk kemerdekaan rakyat Indonesia.

Itulah beberapa alasan mengapa kita harus menghargai jasa mereka yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

Baca Juga: Sedekah: Pengertian, Contoh dan Manfaatnya

Cara Menghargai Jasa Para Pahlawan

  • Belajar dengan sungguh-sungguh

Sebagai pelajar, belajar  dengan sungguh-sungguh merupakan salah satu bentuk menghargai jasa para pahlawan. Dengan belajar, kamu bisa mewujudkan cita-cita bangsa untuk membawa negara ini ke arah kemajuan yang lebih baik. Negara bisa berkembang dengan baik juga merupakan harapan dan cita-cita para veteran untuk negara yang telah mereka perjuangkan.

  • Meneladani sikap dan perilaku para pahlawan

Meneladani sikap dan perilaku mereka, meniru dan mengadopsi sikap positif yang mereka punya merupakan salah satu bentuk menghargai mereka. Cara menghargai jasa para veteran bisa dengan meneladani sikap yang mereka punya, menghargai mereka tidak cuma lewat memperingati hari pahlawan di setiap tahunnya dan membaca sejarah perjuangan mereka.

  • Menjunjung rasa saling menghormati dan menghargai

Cara menghargai jasa para veteran berikutnya yaitu menjunjung rasa saling menghormati dan menghargai sesama, tanpa membedakan suku bangsa, ras, agama, bahasa, adat istiadat, warna kulit, dan lain-lain.

Karena, mereka memperjuangkan kemerdekaan bangsa secara bersama-sama, tanpa memperhatikan perbedaan, dan semuanya melebur menjadi satu. Hal ini selaras dengan semboyan negara Indonesia Bhinneka Tunggal Ika, yang harus diwujudkan bersama-sama dalam kehidupan sehari-hari, kita harus menghormati dan menghargai keragaman.

  • Mengikuti upacara peringatan hari pahlawan

Hari Pahlawan diperingati bangsa Indonesia pada tanggal 10 November di setiap tahunnya. Peringatan ini merupakan salah satu usaha yang dilakukan pemerintah untuk mengajak masyarakat untuk selalu mengingat semangat dan jasa para veteran yang telah gugur demi negara. Pada hari peringatan ini, biasanya dilaksanakan upacara di setiap daerah oleh setiap instansi. Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, kita harus menghargai jasa mereka dengan ikut serta dalam rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan.

  • Mendoakan para pahlawan yang telah gugur

Mengirimkan doa kepada pahlawan merupakan wujud bentuk rasa terimakasih kita kepada mereka atas jasa dan pengorbanan yang telah mereka lakukan untuk bangsa dan negara. Oleh karena itulah, sebagai bangsa yang beragama sudah semestinya kita mendoakan para veteran dengan keyakinan masing-masing. Karena dengan berdoa kita akan selalu teringat dengan jasa-jasa para pahlawan dan bisa memohon kepada-Nya untuk memberikan balasan terbaik atas pengorbanan besar yang telah mereka lakukan.

Selain dari lima cara menghargai jasa para pahlawan di atas, masih ada satu cara lagi yang dapat kita lakukan yaitu mensejahterakan para pahlawan yang telah berjasa untuk bangsa dan negara ini. Tapi sayangnya, jasa para veteran mulai dilupakan oleh anak bangsa dan jasa-jasa mereka dianggap tidak seberapa. Banyak para pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia saat ini hidupnya serba susah dan kekurangan, padahal mereka seharusnya mendapatkan jaminan, santunan, dan perlindungan dari negara sebagai bentuk penghargaan dari apa yang sudah mereka perjuangkan.

Hal ini membuat Yayasan Rumah Zakat Indonesia, tergerak untuk memberikan sedikit apresiasi kepada para veteran.

Sedekah Berbagi Bingkisan Bahagia untuk Para Veteran

Yayasan Rumah Zakat Indonesia melakukan penggalangan dana di Ayobantu untuk memberikan bingkisan bahagia untuk para veteran. Salah satunya yaitu bapak Mustopa (94 Th), beliau merupakan pahlawan yang ikut berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Di wajah beliau masih terlihat dengan sangat jelas sisa-sisa semangat perjuangan mengusir penjajah. 

Pahlawan

Pak Mustopa, Pahlawan Bangsa

Saat ini beliau hidup serba kekurangan dengan sang istri di rumah kecil mereka di Sukabumi Jawa Barat. Di usianya yang sudah sangat senja dan dengan sisa-sisa tenaga yang beliau punya, ia masih harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Pahlawan

Sedekah Berbagi Bingkisan Bahagia Untuk Para Veteran

Yayasan Rumah Zakat indonesia mengajak Teman Peduli untuk turut berbagi dengan dengan para veteran seperti pak Mustopa. Teman Peduli, yuk mari bersama-sama berikan bingkisan kebahagiaan untuk para veteran yang telah berjasa besar untuk bangsa dan negara ini dengan cara klik di sini ya.

Satu donasi darimu akan menerbitkan satu senyuman di wajah satu veteran bangsa!

Baca Juga: Panen Pahala Jariyah, Berikan Alat Shalat Terbaik untuk Kaum Dhuafa