Halo, Teman Peduli.

Berbicara mengenai perlengkapan umat muslim dalam beribadah, tentu tak lepas dari berbagai perlengkapan shalat seperti mukena, sarung, peci, sajadah, tasbih, Al-Qur’an, dan lain-lain. Alat shalat yang berkualitas dan nyaman atau yang terbaik akan membuat ibadah atau shalat seorang mukmin menjadi lebih khusyuk dan sempurna.

Memakai alat shalat terbaik merupakan salah satu dari bentuk penyempurnaan shalat. Tapi sayangnya, banyak dari kaum muslimin yang tidak memperhatikan hal ini dan bahkan mereka melalaikannya, alias asal pakai.

Pakai Alat Shalat Terbaik, Salah Satu Bentuk Penyempurnaan Shalat

Alat Shalat

Pakai Alat Shalat Terbaik, Salah Satu Bentuk Penyempurnaan Shalat

Shalat merupakan hubungan yang sangat kuat antara seorang hamba dengan pencipta-Nya. Ketika seorang hamba melakukan ibadah, itu artinya ia dalam keadaan menghadap kepada sang pencipta, berserah kepada-Nya, bermunajat kepada-Nya, membaca ayat-ayat suci atau firman-nya, berdzikir kepada-Nya, serta memohon ampun dan juga pertolongan kepada Yang Maha Esa yaitu Allah SWT. Oleh karena itulah, saat seorang hamba menghadap kepada-Nya atau mendirikan shalat, hendaknya ia dalam kondisi terbaik dan dengan keadaan yang paling sempurna.

Syariat pun telah menegaskan, bahwa seseorang yang hendak beribadah ia harus dalam keadaan suci badan, pakaian, dan juga tempat shalatnya. Namun, masih banyak saudara muslim kita lainnya yang acuh dengan syariat ini. Ketika beribadah mereka tidak menggunakan perlengkapan shalat terbaik dan tidak memperhatikan adab beribadah, dengan berlindung di balik alasan yang penting niat melakukan ibadah karena Allah, padahal ini merupakan salah satu pemikiran yang keliru. Di samping niat shalat, tata cara berpakaian juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, jangan sampai ibadah Teman Peduli menjadi tidak sempurna karenanya.

Baca Juga: Infaq Pendidikan YRZI Bantu Wujudkan Mimpi Anak Disabilitas Indonesia

Perhatikan Alat Shalat yang Digunakan Ketika Beribadah Menghadap-Nya

Alat Shalat

Perhatikan Alat Shalat yang Digunakan Ketika Beribadah Menghadap-Nya

Sebagian orang, ketika beribadah mereka tidak memperhatikan hal ini dan bahkan mereka terkesan acuh. Mereka shalat dalam keadaan memakai perlengkapan yang kotor, meskipun kotoran ini bukan najis atau yang berbau, tetapi hal ini bisa mengganggu ibadah jamaah lainnya. Misalnya saja, memakai alat shalat yang sudah kumal dan tidak pernah dicuci atau dibersihkan, padahal mereka memiliki kemampuan untuk menggantinya dengan yang lebih baik dan membeli yang terbaik, dengan dalih ibadah itu yang penting niatnya.

Mereka yang mampu ini, harusnya ketika hendak menghadap Allah SWT yang notabenenya memiliki kedudukan yang paling tinggi di seluruh alam semesta ini, dia tidak akan menggunakan perlengkapan yang seperti itu. Akan tetapi, dia pasti memilih menggunakan perlengkapan yang terbaik dan bahkan ia akan membeli yang terbaru karena ia memiliki kemampuan untuk itu. Tapi sayang seribu sayang, orang-orang seperti ini, ketika akan bertemu dan berhadapan dengan orang lain atau makhluk Allah, ia akan menggunakan pakaian terbaik dan mengusahakannya agar dipandang lebih, namun ketika menghadap sang pencipta malah berbanding terbalik, hal ini menjadi salah satu tanda kalau ia meremehkan ibadah kepada Allah SWT.

Pentingnya Memakai Alat Shalat yang Baik

Alat Shalat

Pentingnya Memakai Alat Shalat yang Baik

Maksud kata baik di sini yaitu bersih, wangi, dan layak pakai. Alat shalat yang baik akan membuat kita semakin fokus dan khusyuk dalam beribadah. Namun, dewasa ini masih banyak kaum muslim yang tidak memperhatikan hal ini

Jangan sampai perlengkapan yang kita gunakan bisa mengganggu jalan ibadah kita sendiri dan orang sekitar. Tetap jaga kebersihan perlengkapan tersebut, agar terhindar dari rasa risih, tidak nyaman, gelisah, dan tidak khusyuk. Dengan menggunakan perlengkapan shalay yang baik, ibadah yang kita lakukan dapat berjalan dengan tenang. 

Mungkin saja, perlengkapan shalat kita terbuat dari bahan kain yang sederhana dan tidak mahal harganya, tapi hal ini sungguh sangat tidak apa-apa, selama itu masih bersih dan suci. 

Tapi sayangnya tidak semua orang bisa mengganti perlengkapan shalay yang mereka punya, menggunakannya bertahun-tahun tapi tetap dengan menjaga kebersihannya masih sering kita jumpai. Jamaah yang berasal dari kalangan keluarga pra sejahtera, mereka bahkan menggunakan perlengkapan shalat yang sudah lusuh dan menahun, warnanya pun sudah menguning, dan terdapat banyak tambalan karena robek di sana sini.

Untuk makan saja mereka susah, apalagi kalau untuk membeli perlengkapan shalat yang baru. Memakai alat shalat yang sudah bertahun umurnya pun terpaksa menjadi pilihan. Sesungguhnya hal ini bisa kita jadikan pelajaran, mereka yang tidak punya kemampuan untuk memiliki perlengkapan shalat yang layak saja, sangat bersemangat untuk menghadap Allah, kita yang memiliki kemampuan dan punya perlengkapan yang bagus malah berbanding terbalik dan harusnya kita malu. 

Baca Juga: Bungkam Kesedihan Pejuang Kanker Cilik Bersama YSAS

Bantu Yatim dan Kaum Dhuafa untuk Memperoleh Alat Shalat Terbaik

Alat Shalat

Bantu Yatim dan Kaum Dhuafa untuk Memperoleh Alat Shalat Terbaik

Pasti kita sering menemukan orang-orang di sekitar yang memakai perlengkapan shalat dengan kondisi jauh dari kata layak ketika beribadah. Warnanya sudah menguning, banyak bintik hitam, dan banyak tambalan sana sini, hal ini bukanlah karena tidak pernah dirawat kebersihannya, melainkan karena sudah dipakai bertahun-tahun lamanya secara berulang.

Jauh di lubuk hati mereka yang paling dalam, pasti mereka menginginkan untuk memiliki perlengkapan shalat yang jauh lebih layak, sehingga dalam menjalankan ibadah mereka bisa lebih khusyuk lagi. Tapi apa daya, keadaan ekonomi yang mereka punta tidak bisa mewujudkannya. Memakai perlengkapan alat shalat tersebut secara berulang menjadi pilihan yang terbaik.

Dengan mewujudkan keinginan mereka ini, kita bisa mencetak pahala jariyah yang tidak ada habisnya. Selama mereka menggunakan alat shalat tersebut, maka pahala mereka juga akan ikut mengalir kepada kita sampai kita meninggal dunia pun nantinya.

Teman Peduli, yuk bantu anak yatim dan kaum dhuafa di pelosok untuk memiliki alat shalat yang memadai dengan cara klik di sini.

Satu donasi darimu akan mengalirkan pahala yang tidak akan pernah putus nantinya!