Sedekah adalah salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam. Hukum dasar sedekah adalah sunnah muakkadah atau sunnah yang sangat dianjurkan. Namun, pada situasi tertentu, sedekah bisa menjadi wajib hukumnya. Misalnya saja, ketika ada orang miskin yang sedang kelaparan datang untuk meminta makan kepada kita. Jika Anda memiliki makanan untuk diberikan, maka wajib hukumnya untuk menyedekahkannya.

Untuk memahami lebih jauh mengenai pengertian sedekah, contoh-contoh, serta manfaatnya bagi orang yang menerima dan melakukannya, simak artikel ini sampai tuntas!

Pengertian Sedekah

Sedekah

Pengertian Sedekah

Kata sedekah berasal dari bahasa Arab yakni “shodaqoh”. Asal katanya adalah shidq atau shidiq yang bermakna benar (kebenaran). Berdasarkan aturan BAZNAS No. 2 Tahun 2016, pengertian sedekah adalah pemberian yang dilakukan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat dalam bentuk harta maupun non harta untuk kepentingan umat.

Sedekah adalah salah satu ibadah yang sangat disukai Allah SWT. Ini terbukti dengan banyaknya ayat dalam Alquran yang menyebutkan mengenai sedekah. Salah satunya terdapat dalam Surat Al-Hadid Ayat 18 yang artinya:

“Sesungguhnya mereka yang membenarkan (Allah dan Rasul-nya) baik dia pria maupun wanita dan mereka memberika pinjaman kepada Allah berupa pinjaman yang baik (sedekah), maka bayarannya akan dilipatgandakan dan mereka akan mendapatkan pahala yang banyak.”

Dalil selanjutnya terdapat dalam Surat Al-Baqarah Ayat 271 yang artinya:

“Apabila kamu memperlihatkan sedekahmu, maka itu adalah hal yang baik. Kalau kamu menyembunyikannya ketika kamu memberikannya kepada orang fakir, maka itu lebih baik lagi. Dan Allah akan menghapus sebagian dari dosa-dosamu dan Allah maha tahu terhadap apa yang kamu lakukan.”

Jenis dan Contoh Sedekah

Sedekah

Jenis dan Contoh Sedekah

Seperti yang sudah disebutkan dalam pengertiannya, sedekah tidak harus berwujud harta. Secara umum, amalan ini dibagi ke dalam dua jenis, yakni:

Sedekah Materi

Sedekah materi adalah sedekah yang diberikan dalam bentuk harta benda. Contohnya antara lain adalah:

  • Sedekah uang. Amalan ini adalah jenis amalan yang paling umum. Kita bisa melakukannya dengan mudah baik secara langsung maupun secara online melalui platform Ayobantu
  • Sedekah makanan. Amalan ini juga umum dilakukan oleh umat Islam. Amalan ini tidak harus pada orang-orang miskin yang ada di luar sana. Berbagi makanan kepada tetangga, saudara atau bahkan pada hewan liar di jalanan juga bisa dihitung sebagai sedekah
  • Barang. Anda juga bisa menyedekahkan materi dalam bentuk barang, baik itu pakaian, buku ataupun perlengkapan sekolah.

Sedekah Non-Materi

Kalau tidak punya harta, bukan berarti Anda tidak bisa bersedekah. Sedekah dalam bentuk non-materi bisa diberikan lewat:

  • Ilmu. Mengajarkan ilmu yang berguna bagi orang lain (seperti ilmu agama) termasuk ke dalam sedekah jariyah (sedekah yang pahalanya tidak akan terputus sampai orang yang memberikannya meninggal dunia)
  • Tenaga. Mengeluarkan tenaga untuk membantu orang lain juga termasuk ke dalam bentuk sedekah non-materi. Misalnya saja membantu membersihkan masjid, membantu tetangga yang sedang memperbaiki rumahnya dan lain sebagainya
  • Senyum. Hal sesederhana seperti memberikan senyuman pada orang-orang yang ada di sekitar kita juga termasuk sedekah. Ini sejalan dengan salah satu hadis Rasulullah SAW yang artinya, “Senyummu di hadapan wajah saudaramu itu adalah sedekah.” (HR. Tirmidzi).

Manfaat dan Keutamaan Sedekah

Sedekah

Manfaat dan Keutamaan Sedekah

Banyak orang yang menganggap sedekah itu adalah amalan yang biasa saja. Padahal di baliknya terdapat banyak sekali manfaat dan keutamaan. Selain bisa membantu orang lain yang memerlukan bantuan kita, amalan sedekah memiliki sejumlah keutamaan antara lain:

  • Sedekah dapat menghapus dosa. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadisnya, “Sedekah itu mampu menghapuskan dosa seperti layaknya api yang memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)
  • Sedekah dapat meringankan sakaratul maut. Kematian yang mudah dan husnul khatimah adalah impian setiap muslim. Anda bisa mendapatkannya lewat sedekah. Hal ini disebutkan dalam buku Fiqh Sunnah yang ditulis oleh Sayyid Sabiq. Dalam buku tersebut dikatakan bahwa, “Sedekah bisa meredakan kemarahan Allah dan mengurangi pedihnya sakaratul maut.”
  • Sedekah dapat mendatangkan rezeki. Sedekah merupakan salah satu cara berbagi rezeki. Dengan bersedekah, alih-alih mengalami pengurangan harta, rezeki Anda justru akan bertambah. Tidak selalu dalam bentuk harta lagi, tapi bisa berwujud hal lain seperti kesehatan, keluarga yang harmonis dan lain sebagainya. Ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW yang artinya, “Sedekah tidak akan mengurangi harta. Bagi hamba yang pemaaf, Allah akan menambahkan kewibawaan pada dirinya.”

Selain beberapa keutamaan di atas, orang-orang yang gemar bersedekah juga akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan didoakan oleh malaikat. 

Dengan berbagai keutamaan di atas, saatnya untuk makin giat bersedekah. Salah satunya bisa Anda lakukan lewat Ayobantu. Di Ayobantu, ada puluhan kampanye yang bisa Anda pilih untuk menyalurkan kelebihan rezeki Anda. Yuk, bergabung dengan ribuan Teman Peduli lainnya!

Baca Juga: Tips Hadapi Resesi, Kelola Keuangan Sampai Cari Penghasilan Tambahan

Referensi:

6 Keutamaan Sedekah Ini Bikin Ringan Hati untuk Menolong – Zakat.or.id (2022)

Hadits Senyum adalah Sedekah dan Hikmahnya – Yatimmandiri.org (2022)

Macam-macam sedekah: Pengertian, Keutamaan dan Manfaat – Gramedia.com (2021)

Sedekah Tanda Syukur – Baznas.go.id

10 Ayat Al Quran tentang Sedekah / Infaq, Arti & Tafsir Dilengkapi Hadits serta Keutamaannya – Inews.id (2021)