Hallo, Teman Peduli

Cara menjaga kesehatan tubuh selama Ramadhan penting untuk dipahami oleh setiap Muslim. Hal ini agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit saat berpuasa hingga ibadah Ramadhan pun dapat berjalan dengan nyaman.

Cara menjaga kesehatan tubuh selama Ramadhan tidak hanya berkaitan dengan makanan dan minum yang wajib dikonsumsi, tapi juga berkaitan dengan kebiasaan harian. Meskipun dalam keadaan berpuasa, Teman Peduli juga harus tetap melakukan aktivitas seperti biasa

Oleh karena itulah, agar tidak sakit saat berpuasa, Teman Peduli harus menjaga kesehatan. Terdapat beberapa cara yang bisa Teman Peduli lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa.

Apa saja sih caranya? Simak penjelasan di bawah ini ya!

Baca Juga: Kado Valentine untuk Penyintas Thalassemia Aceh dari Para Pelari Hebat dan Ayobantu

8 Cara Menjaga Kesehatan saat Berpuasa

  • Konsumsi Makanan yang Sehat
Berpuasa

Konsumsi Makanan yang Sehat

Memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh selama  berpuasa. Makanlah makanan yang seimbang dan mengandung protein, karbohidrat, sayuran, dan buah-buahan.

Teman Peduli juga harus menghindari 2 jenis makanan dan minuman ini saat berpuasa yaitu makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi, serta minuman yang mengandung kafein dan berenergi.

Meskipun Teman Peduli telah menahan lapar seharian, jangan makan berlebihan ya, karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah pencernaan.

  • Kurangi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis
Berpuasa

Kurangi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis hanya memberikan rasa kenyang sementara, untuk itu agar tenaga Teman Peduli tidak habis selama berpuasa konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Seperti nasi, kacang-kacangan, daging, dan lainnya.

  • Hindari Makanan Berlemak dan Berminyak
Berpuasa

Hindari Makanan Berlemak dan Berminyak

Menghindari makanan yang berlemak dan berminyak saat berpuasa sangat disarankan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Makanan yang berlemak dan berminyak akan memperberat kerja organ pencernaan. Kinerja organ pencernaan yang berat akhirnya membuat Teman Peduli cepat lelah dan mudah mengantuk.

  • Hindari Makanan Berat saat Sahur
Berpuasa

Hindari Makanan Berat saat Sahur

Cara selanjutnya yang bisa Teman Peduli lakukan yaitu menghindari untuk memakan makanan berat saat sahur. Mengkonsumsi makanan berat saat sahur akan membuat Teman Peduli cepat merasa lelah dan mengantuk selama berpuasa.

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein, seperti roti, gandum, telur, atau yoghurt ketika sahur.

  • Jangan Lewatkan Sahur
Berpuasa

Jangan Lewatkan Sahur

Ketika Teman Peduli melewatkan sahur, maka Teman Peduli tidak hanya akan cepat merasa lapar, tetapi juga mengalami dehidrasi, mudah lelah, perubahan suasana hati, dan gampang sakit. Ketika tubuh tidak menerima asupan nutrisi yang seimbang sebelum menjalankan ibadah puasa, akan terjadi penurunan daya tahan tubuh, sehingga produktivitas menurun dan aktivitas sehari-hari akan terganggu.

  • Minum Air yang Cukup
Berpuasa

Minum Air yang Cukup

Di luar bulan Ramadhan, kita dianjurkan untuk minum air putih 2 liter atau 8 gelas per harinya. Saat berpuasa pastinya jadwal makan dan minum kita akan berubah. 

Oleh karena itu diperlukannya siasat untuk tetap memenuhi cairan tubuh selama berpuasa, agar tidak terjadinya dehidrasi. Minumlah air putih 4 gelas saat berbuka puasa, sedangkan 4 gelas sisanya minumlah saat setelah berpuasa hingga nanti masuknya waktu imsak saat sahur.

  • Lakukan Olahraga Ringan
Berpuasa

Lakukan Olahraga Ringan

Berpuasa bukanlah waktu bermalas-malasan, meskipun tidak makan dan minum, Teman Peduli bisa tetap melakukan olahraga loh. Teman Peduli bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga, jogging, dan sebagainya.

Puasa bukanlah halangan untuk berolahraga, justru olahraga saat berpuasa dapat membantu tubuh tetap bugar, selama dilakukan dengan waktu dan jenis olahraga yang tepat.

  • Istirahat yang Cukup
Berpuasa

Istirahat yang Cukup

Pastikan Teman Peduli istirahat yang cukup setiap harinya agar tubuh dapat memulihkan diri. Sebaiknya tidur minimal 6 sampai 8 jam dan hindari begadang, karena hal ini dapat mempengaruhi kesehatan  dan daya tahan tubuh selama puasa.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa yang bisa Teman Peduli lakukan. Selain menjaga kesehatan tubuh untuk kebaikan diri sendiri, Teman Peduli juga bisa membantu sesama untuk kebaikan saudara-saudara yang membutuhkan melalui platform donasi Ayobantu.

Teman Peduli bisa membantu menjaga kesehatan tubuh para santri di pelosok Indonesia selama bulan Ramadhan dengan berbagi hidangan sahur yang bernutrisi dan layak untuk mereka di sini. Karena keadaan mereka hanya bisa makan dengan lauk seadanya atau hanya dengan garam saja. Bisa makan sehari sekali saja itu merupakan sebuah keajaiban untuk mereka.

Satu donasi darimu, satu hidangan sahur dan berbuka lezat untuk mereka!

Baca Juga: Heboh Perihal Childfree, Mari Pahami Istilah dan Faktornya!