Banyak orang yang bermimpi ingin menjadi pengusaha. Namun, tidak sedikit yang akhirnya menyerah karena merasa tidak memiliki dana yang cukup untuk memulainya. Biaya sewa tempat, produksi hingga sumber daya pendukung lain seperti karyawan, membutuhkan modal yang tidak sedikit. Untungnya, saat ini, makin banyak ide usaha modal kecil yang bisa Anda pilih.

Salah satu biaya terbesar yang harus dikeluarkan ketika membangun usaha adalah biaya sewa tempat, baik itu tempat untuk produksi barang, penyimpanan (gudang) hingga toko untuk menjajakan produk. Dengan membuka usaha dari rumah, Anda tidak perlu memikirkan biaya sewa tempat lagi. Lalu, apa saja ide usaha modal kecil yang bisa Anda lakukan? Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Usaha Makanan Ringan

Usaha Modal Kecil

Usaha Makanan Ringan

Ide usaha modal kecil yang pertama adalah berjualan makanan ringan. Selama pandemi, orang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di rumah. Hal tersebut membuat permintaan terhadap makanan, termasuk camilan, untuk distok di rumah, kian tinggi. Ini jugalah yang membuat berbagai jenis makanan, seperti makaroni dan aneka keripik, makin banyak peminatnya.

Jika Anda memiliki kemampuan untuk memproduksi sendiri, Anda bisa memulai usaha makanan kecil dari rumah. Tidak perlu jauh-jauh mendistribusikannya karena Anda bisa menitipkannya ke toko atau warung-warung yang ada di sekitar rumah. Kalau ingin jangkauan pemasaran lebih luas, Anda bisa memasarkan produk camilan tersebut lewat media sosial atau marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada.

Menjadi Dropshipper

Usaha Modal Kecil

Menjadi Dropshipper

Kalau Anda ingin berjualan aneka jenis barang mulai dari pakaian, perlengkapan kesehatan, olahraga bahkan makanan tapi tidak punya dana dan gudang untuk menyimpan stok, menjadi dropshipper bisa jadi pilihan yang menarik. Ini adalah usaha modal kecil yang hanya membutuhkan ponsel pintar dan jaringan internet.

Cara kerjanya sangat mudah. Pertama, Anda harus mencari supplier yang menyediakan kerja sama dengan para dropshipper. Setelah Anda membuat kesepakatan dengan supplier (terkait cara kerja sama dan besaran komisi), Anda bisa mulai memasarkan produk secara online. Anda dapat memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk beriklan.

Setelah pesanan masuk, yang perlu Anda lakukan hanyalah meneruskannya kepada supplier. Nantinya, supplier yang akan memproses pesanan termasuk mengepak dan mengirimkannya kepada pembeli. Tugas Anda hanyalah mencari pembeli dan menunggu komisi masuk ke rekening. Sangat mudah, bukan?

Bisnis Katering

Usaha Modal Kecil

Bisnis Katering

Ide usaha modal kecil selanjutnya adalah dengan membuka bisnis katering. Dengan kesibukan yang tinggi, banyak masyarakat di Indonesia yang tidak sempat menyiapkan masakan sendiri untuk keluarganya. Di sinilah bisnis katering berpeluang untuk maju. Jadi, kalau Anda punya keahlian memasak, jangan sia-siakan kesempatan tersebut untuk membuka bisnis katering.

Usaha katering rumahan umumnya tidak membutuhkan modal yang besar. Mulailah menawarkan makanan katering pada orang-orang di sekitar Anda. Berpromosi lewat media sosial juga bisa membantu Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan. Jangan lupa sediakan jasa pesan antar atau delivery untuk memudahkan konsumen melakukan pemesanan tanpa harus datang ke rumah Anda.

Bisnis Frozen Food

Usaha Modal Kecil

Bisnis Frozen Food

Usaha modal kecil yang cukup diminati berikutnya adalah bisnis frozen food. Makanan beku menjadi kian diminati, terutama selama pandemi berlangsung. Ini berkaitan dengan kebiasaan orang-orang yang memilih untuk berbelanja keluar sesekali saja. Frozen food pun dinilai lebih awet dan praktis karena bisa distok di kulkas untuk kebutuhan makan selama beberapa hari. Dengan begitu, mereka tidak perlu bolak-balik ke luar rumah.

Ada banyak sekali pilihan frozen food yang bisa Anda pilih untuk dijual. Mulai dari bakso, dimsum, nugget, kebab hingga makanan kekinian seperti cireng keju, cilok mozarella dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda bisa mendapatkan produk-produk ini dari supplier atau memproduksi sendiri jika memungkinkan.

Menjual Produk Digital dan Jasa Pembayaran 

Usaha Modal Kecil

Menjual Produk Digital dan Jasa Pembayaran

Produk digital seperti token listrik, pulsa dan voucher game juga bisa menjadi pilihan produk untuk usaha modal kecil yang Anda jalankan. Selain tidak butuh modal besar, Anda bisa menjalankan bisnis ini dari rumah. Anda hanya membutuhkan modal berupa perangkat ponsel atau komputer dan printer untuk mencetak.

Selain produk digital, Anda bisa sekalian membuka loket jasa pembayaran. Berbagai layanan yang bisa Anda sediakan antara lain adalah jasa pembayaran tagihan listrik, internet, pembayaran cicilan TV kabel, pembayaran pembelian tiket dan lain sebagainya.

Menjadi Freelancer

Usaha Modal Kecil

Menjadi Freelancer

Punya skill tertentu seperti menulis atau mendesain? Kesempatan bagi Anda untuk membuka usaha modal kecil terbuka sangat lebar. Anda bisa menyediakan jasa desain atau menulis artikel dan menawarkannya secara online. Dengan bermodal kemampuan, komputer dan internet, Anda bisa memperoleh penghasilan jutaan rupiah dengan menjadi freelancer

Jangan lupa untuk terus memperkaya portofolio Anda. Semakin kaya dan berpengalaman Anda dalam menyelesaikan pekerjaan, semakin besar penghasilan yang akan Anda peroleh di masa depan.

Itulah beberapa ide usaha modal kecil yang bisa Anda mulai dari rumah. Tertarik mencoba salah satu ide usaha modal kecil di atas sebagai sumber penghasilan baru Anda? 

Agar usahamu laris dan rezeki lancar serta melimpah, jangan lupa untuk saling berbagi dengan sesama ya Teman Peduli. Berbagi dapat kamu lakukan dengan mudah melalui platform donasi online di Ayobantu. Satu donasi darimu, satu do’a kebaikan dari mereka!

Baca Juga: Bungkam Kesedihan Pejuang Kanker Cilik Bersama YSAS

Referensi:

15 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum banyak Pesaing Dijamin Cuan! – Tanifund.com

5 Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar untuk Pemula – Cimbniaga.co.id

What is dropshipping? How does it work? – Sell.amazon.com