Rutin menjalankan amalan ringan ternyata bisa mendatangkan pahala besar. Hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah Saw. kepada umatnya agar rajin beramal mulai dari tindakan kecil. 

Menunaikan sunah pun akan membantu kita memperoleh pahala. Lantas, apa saja amalan ringan pahala besar yang disukai Allah? Berikut daftarnya. 

  • Mendoakan orang lain

Amalan

Mendoakan Orang Lain

Mendoakan orang lain tanpa sepengetahuan yang bersangkutan juga bisa mendatangkan pahala besar. Malaikat pun akan merekam jejak amal kebaikan Anda, dan Allah akan memberi balasan serupa. 

  • Berzikir

Amalan ringan yang disukai Allah berikutnya adalah berzikir. Saat berzikir kita akan fokus pada Allah dengan upaya berserah diri hanya kepada-Nya. 

Selain itu, zikir menjadi wujud syukur dan pujian kepada Allah, sama seperti doa. Bahkan, dalam hadis diungkapkan bagaimana Rasulullah mengumpamakan mereka yang berzikir dan tidak seperti orang yang hidup dan mati. 

  • Melakukan wudu dengan sempurna

Amalan

Melakukan Wudu dengan Sempurna

Dalam HR Muslim yang disarikan Umar bin Khattab, Rasulullah Saw. pernah bersabda siapa saja yang melakukan wudu dengan sempurna dan melanjutkannya dengan doa, akan memperoleh pahala besar. Pahala tersebut berupa terbukanya delapan pintu surga dan ia bisa memilih pintu mana pun untuk dimasuki.

Artinya, kita tidak boleh terburu-buru saat berwudu. Awali dan akhiri dengan doa, basuh setiap bagian tubuh dengan cermat, dan lanjutkan dengan membaca doa. Hal kecil seperti ini kadang kerap kita lupakan bukan?

  • Mendengarkan azan dengan khidmat

Azan adalah panggilan salat yang kita dengar setiap hari. Namun, seberapa sering kita menyimak azan dengan khidmat? 

Inilah amalan ringan dan sederhana yang sebetulnya mendatangkan pahala besar. Setelah mendengarkan azan pun kita harus menggenapinya dengan doa sebelum pergi berwudu dan mulai menunaikan salat. 

  • Memperpanjang tempo kepada orang yang berutang

Amalan

Memperpanjang Tempo Kepada Orang yang Berutang

Bersedekah itu berat karena kita mengeluarkan uang yang jumlahnya berarti. Namun, ada amalan menyumbang dengan cara tidak sengaja yang ternyata dihitung sebagai pahala.

Ketika ada keluarga atau teman yang berutang kepada Anda, coba beri perpanjangan tempo jika mereka belum mampu membayar utang tersebut. Dengan kelonggaran waktu pembayaran utang, Anda memperoleh pahala seperti berinfak. 

  • Menjenguk orang sakit

Salah satu kewajiban seorang muslim terhadap sesama saudaranya adalah menjenguk orang sakit. Selain mendoakan kesembuhan mereka yang sakit, menjenguk juga dilakukan untuk mempererat silaturahmi satu sama lain. 

Bahkan, Rasulullah Saw. pernah menyebutkan dalam sebuah hadis bahwa menjenguk orang sakit akan dibalas dengan doa dari para malaikat. Maka, selama situasi dan kondisi memungkinkan, menjenguk keluarga atau teman yang sakit juga bentuk amalan ringan berpahala besar. 

  • Membaca Al-Quran

Amalan

Membaca Al-Quran

Kapan terakhir Anda membaca Al-Quran? Membaca satu juz dalam satu waktu boleh jadi terasa berat bagi sebagian orang, tetapi Allah Maha Murah Hati karena Ia pun menghargai setiap satu huruf yang dibaca. 

Ya, saat Anda membaca satu huruf dalam Al-Quran, Anda akan memperoleh satu kebaikan. Kemudian, setiap kebaikan itu mengandung pahala sepuluh kali lipat. 

Apalagi, membaca Al-Quran mudah dilakukan kapan saja. Mulai dari saat murojaah hingga setelah salat. Lalu, jangan lupa untuk menghafal, mengamalkan, dan mendakwahkan Al-Quran ya. 

  • Melakukan sedekah jariyah

Tahukah Anda apa amalan yang tidak pernah putus meski seseorang sudah meninggal dunia? Ya, sedekah jariyah jawabannya, yaitu sumbangan untuk kebaikan yang memberi manfaat bagi kehidupan orang lain maupun masyarakat.

Contoh, membangun masjid, berdonasi rutin pada panti asuhan, membantu penyelenggaraan pengajian, menghadiahkan mushaf Al-Quran kepada mereka yang membutuhkan, hingga berbagi ilmu. Cukup lakukan mana yang sesuai dengan kemampuan kamu saat ini dan niatkan dengan ikhlas. 

  • Mengamalkan ilmu bermanfaat

Amalan

Mengamalkan Ilmu Bermanfaat

Seperti disebutkan di atas, berbagi ilmu atau mengamalkan ilmu ternyata juga contoh amalan ringan berpahala besar. Tentu saja Anda harus mengamalkan ilmu agar bermanfaat bagi kebaikan. 

Ilmu yang Anda kuasai dapat diajarkan kepada orang lain. Saat orang lain merasakan manfaat atas ilmu yang Anda ajarkan, ganjarannya adalah pahala mengalir tanpa putus. 

  • Mendoakan orang tua

Terakhir, ada amalan ringan yang disukai Allah dan wajib kita lakukan sebagai seorang anak. Betul, mendoakan kedua orang tua kita dalam setiap salat. 

Kita semua lahir karena orang tua. Merekalah yang berjasa besar merawat, mendidik, dan mengajari kita banyak hal sampai bisa tumbuh dewasa dan mandiri. 

Maka, selalu panjatkan doa sebagai bentuk bakti kita kepada orang tua. Bersikaplah sopan dan berbicara dengan santun untuk menunjukkan rasa hormat serta sayang terhadap orang tua.

Bagaimana jika kedua orang tua sudah tiada? Anda tetap berkewajiban mendoakan mereka demi meringankan beban keduanya. Tiap doa yang diamalkan dapat mengangkat derajat kedua orang tua menuju posisi yang dimuliakan-Nya. 

Inilah amalan ringan berpahala besar yang bukan cuma mudah dilakukan, tetapi juga berarti banyak bagi diri kita dan kedua orang tua. Bagaimanapun mendoakan mereka juga salah satu wujud rasa sayang kita kepada orang tua, bukan?

Demikian 10 amalan ringan berpahala besar yang disukai Allah. Semua amalan tersebut mudah dilakukan, tinggal bagaimana kita mau atau tidak mengamalkannya. Hal terpenting adalah lakukan setiap amalan dengan ikhlas dan tidak semata karena berharap pahala besar. 

Salah satu amalan ringan yang bisa Anda lakukan dari mana saja adalah berdonasi online. Ayo, mulai donasi online Anda bersama AyoBantu dengan klik di sini.

Baca Juga: Panen Pahala Jariyah, Berikan Alat Shalat Terbaik untuk Kaum Dhuafa

Referensi:

8 Amalan Ringan Berpahala Besar – Muslim.okezone.com (2020)

11 Contoh Amal Jariyah Yang Pahalanya Terus Mengalir – Sedekahair.org (2022)

15 Amalan Ringan namun Berpahala Besar – Islampos.com (2020)