Bersedekah sesungguhnya bersifat universal. Semua agama mewajibkan umatnya untuk beramal dan berbagi tanpa terkecuali, terlebih jika kamu menyadari apa manfaat sedekah.

Percaya atau tidak, ada sesuatu yang ajaib tentang berbuat kebaikan melalui sedekah. Mereka yang biasa bersedekah justru merasa lebih bahagia setelahnya. Itu baru satu dari 7 manfaat sedekah lho.

Apa manfaat sedekah lainnya yang perlu kamu tahu? Simak ulasan berikut, yuk.  

Manfaat Sedekah Bisa Buat Hati Bahagia

Manfaat Sedekah

Manfaat Sedekah Bisa Buat Hati Bahagia

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sedekah merupakan tindakan memberikan sesuatu pada fakir miskin atau siapa saja yang punya hak menerimanya. Dalam arti luas, sedekah adalah tentang berbagi dalam bentuk apa pun, tidak hanya berupa uang atau materi saja.

Namun, keutamaan sedekah bukan hanya berharap pahala semata. Justru sedekah menjadi kendaraan bagi individu dalam meraih kebahagiaan sejati.

Menurut beberapa penelitian yang tercatat dalam U.S. News and World Report, “What Generosity Does to Your Brain and Life Expectancy”, perilaku berbagai bisa membuat orang bahagia. Pasalnya, tubuh manusia merilis hormon kebahagiaan, seperti oksitosin, endorfin, dan dopamin. 

Dikutip dari The Greater Good Science Center, penelitian National Institutes of Health di AS menunjukkan peningkatan aktivitas otak saat seseorang berbagi. Aktivitas itu terjadi pada bagian otak yang berkaitan dengan kesenangan, percaya, dan koneksi sosial.

Perilisan hormon endorfin usai bersedekah, bisa menciptakan perasaan positif dan terpenuhi. Itulah sebabnya, mereka yang senang bersedekah kerap terlihat sebagai sosok hangat dan terpancar aura kebaikannya.

Baca Juga: 6 Tips Melatih Empati Anak, Salah Satunya Berdonasi

Jenis-jenis Sedekah

manfaat sedekah

Jenis-jenis Sedekah

Seperti telah disinggung sebelumnya, sedekah bukan melulu berwujud uang. Secara garis besar, ada dua jenis sedekah, yaitu sedekah materi dan nonmateri. 

  • Sedekah materi

Uang masuk dalam kelompok sedekah materi. Kamu tidak perlu menunggu uang terkumpul banyak untuk bersedekah. Inti bersedekah adalah niat berbuat baik untuk meringankan beban sesama. Uang jumlah kecil pun bisa berarti bagi mereka yang membutuhkan. 

Lalu, ada pula sedekah barang yang bermanfaat sehingga bisa dipakai dalam waktu lama. Misalnya, berbagi perlengkapan sekolah kepada anak-anak di panti asuhan. 

Berikutnya, sedekah materi juga bisa berupa kegiatan memberi makan orang lain. Berbagi makanan disebut sedekah karena makan adalah kebutuhan pokok. Satu nasi bungkus yang kamu berikan bisa berarti banyak bagi mereka yang mengalami kesulitan ekonomi.

  • Sedekah non materi

Untuk memperoleh manfaat sedekah jangka panjang, sedekah non materi hadir dalam wujud berbagi ilmu pengetahuan dan meluangkan waktu menolong orang lain. Namun, manfaatnya tidak langsung dirasakan.

Manfaat sedekah non materi justru terasa sepanjang masa hingga lintas generasi. Contoh, pengetahuan yang kamu bagikan akan mendorong orang lain untuk berkembang dan produktif. 

Sementara, meluangkan waktu menjadi relawan saat bencana banjir, misalnya, dapat mengubah hidup warga yang terdampak. Mulai dari membantu evakuasi, membersihkan rumah bekas terendam banjir, hingga menghibur anak-anak korban banjir di pengungsian.

Manfaat Sedekah Adalah

Manfaat Sedekah

Manfaat Sedekah Adalah

Bersedekah membuka kesadaran bahwa kita pun bisa melakukan banyak hal untuk meringankan beban orang lain. Selain membuat diri bahagia, berikut beberapa manfaat sedekah lainnya yang perlu kamu tahu. 

  • Meringankan beban orang lain yang membutuhkan

Manfaat sedekah ini sudah jelas, bukan? Terlepas dari situasi ekonomi yang makin sulit, atau kamu sendiri mengalami kesulitan finansial, bersedekah selalu membawa harapan bagi orang lain. 

Sekecil apa pun aksi berbagi yang kamu lakukan, nyatanya bisa meringankan beban hidup orang lain. Misalnya, berdonasi Rp100.000 saja bisa membantu biaya transportasi pasien dhuafa saat berobat. Dengan nominal yang sama pula, dapat membantu seorang anak kembali bersekolah dengan seragam layak.

  • Melipatgandakan harta dan pahala

Dari sudut pandang agama, bersedekah bisa melipatgandakan harta dan pahala. Mereka yang membagikan sebagian hartanya sesuai tuntunan agama akan memperoleh imbalan berlipat ganda.

Dengan catatan, kamu bersedekah secara ikhlas dan tulus. Berbagi, apa pun bentuknya, bukan bertujuan mengejar pahala semata, tetapi membantu orang lain tanpa pamrih. Niat inilah yang akan diganjar balasan berlipat ganda di kemudian hari.

  • Memperpanjang amalan

Sedekah ternyata bisa memperpanjang amalan seseorang jika apa yang ia berikan mendatangkan manfaat bagi orang banyak. Contoh, kamu menyumbangkan dana untuk pembangunan tempat ibadah atau perlengkapan ibadah. Begitu pula saat membantu pendanaan pembangunan kembali gedung sekolah yang rusak. 

  • Membuat hidupmu lebih bermakna

Bersedekah sejatinya membantumu membangun hidup yang lebih bermakna. Kamu merasa eksistensi dirimu mendatangkan manfaat bagi orang lain, lewat bantuan-bantuan kecil yang dilakukan.  

  • Memperkenalkan kebiasaan bersedekah pada anak

Kebiasaan bersedekah yang kamu lakukan secara konsisten adalah contoh nyata berbuat baik kepada sesama. Ketika anak melihatmu melakukannya, mereka tahu itu adalah hal baik yang patut ditiru. Ingat, anak meniru apa yang mereka lihat.

  • Membantumu lebih bijak mengelola keuangan

Rutin bersedekah setiap bulan dalam bentuk donasi apa pun, bisa mendorong kamu lebih bijak mengelola keuangan. Dengan membuat pos-pos pengeluaran rutin, termasuk bersedekah, kamu akan lebih cermat mengalokasikan dana untuk setiap pos tersebut. Langkah ini membantu kamu memastikan tidak ada pos pengeluaran yang terlewat, tak terkecuali sedekah bulanan.

  • Mendorong keluarga dan teman melakukan hal serupa

Aksi sedekah satu orang mungkin tidak bisa langsung mengubah dunia. Namun, aksi ini bisa menular kepada keluarga dan teman dalam lingkaran pergaulan terdekat.

Sekalipun kamu tidak terang-terangan menunjukkan aksi kebaikan ini kepada orang lain, sesuatu yang baik tetap akan tersiar dan menggugah mereka melakukan hal serupa. Kebiasaan baik terus menyebar dan mendatangkan kebaikan-kebaikan lainnya.

Teman Peduli, itulah ulasan lengkap tentang manfaat sedekah yang perlu diketahui. Sedekah bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, salah satunya lewat donasi online. Yuk, mulai donasi online sekarang bersama Ayobantu!

Baca Juga: Belajar dari Para Veteran, Simak 5 Tips Tanamkan Nasionalisme pada Anak