Hallo, Teman Peduli.

Qurban merupakan ibadah yang diselenggarakan oleh umat Islam di setiap tahunnya saat Idul Adha. Sudah menjadi ibadah rutin sejak zaman Nabi Ibrahim, membuat umat Muslim sudah familiar dengan salah satu perintah Allah ini. Secara harfiah qurban berarti hewan sembelihan, sedangkan menurut istilah berarti menyembelih hewan tertentu saat hari raya Idul Adha sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Perintah ini merupakan bentuk syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Oleh karena itulah, potongan daging dari hewan-hewan tersebut harus dibagikan kepada saudara-saudara yang membutuhkan sebagai bentuk berbagi dan membantu sesama.

Dasar Hukum Qurban dalam Islam

Di Indonesia, sebagian kelompok ulama menyatakan hukumnya wajib dan sebagian lainnya menyatakan hukumnya yaitu sunnah muakkad.

Kelompok ulama yang menyatakan kalau hukumnya wajib, didasari oleh surat Al-Kautsar ayat 2: “Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah.”

Sedangkan sebagian ulama yang menyatakan hukumnya yaitu sunnah muakkad didasari oleh hadist riwayat Ahmad dan Ibnu Majah: “Barangsiapa yang mempunyai kemampuan tetapi ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat shalat kami.”

Hukum sunnah muakkad berarti tidak diwajibkan, tetapi sangat dianjurkan khususnya untuk umat Islam yang mampu, baligh, dan berakal agar mendapatkan pahala dan keridhoan dari Allah SWT.

Baca Juga: 3 Keistimewaan dan Macam Amalan yang Banjir Pahala di Bulan Dzulqaidah!

Keutamaan Berqurban

  • Meningkatkan Ketaqwaan

Keutamaan yang pertama yaitu untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, seperti yang tercantum dalam Qs. Al-Maidah ayat 27: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (qurban) dari orang-orang yang bertaqwa.”

Setiap insan yang melakukannya berarti sudah membuktikan bahwa sebagian harta yang mereka punya digunakan untuk menjalankan perintah Allah dan telah melakukan hal baik yaitu berbagi ke sesama. Allah juga sudah memerintahkan malaikat untuk memberikan kabar bahagia pada umat-Nya untuk berqurban dan mendapatkan kebaikan langsung dari-Nya.

  • Menambah Amal Kebaikan

Keutamaan lainnya yaitu untuk menambah amal kebaikan sebagai bekal penyelamat di akhirat nantinya. Allah akan memberikan pahala yang berlipat kepada setiap umat-nya yang menggunakan sebagian hartanya untuk berqurban.

“Pada setiap lembar bulunya itu kita memperoleh suatu kebaikan” (HR Ahmad & Ibnu Majah).

Tak hanya itu saja, hewan-hewan ini nantinya akan menjadi saksi di hari perhitungan sebagai penyelamat bagi mereka yang berqurban.

  • Sebagai Syiar Agama

Sebagai upaya syiar agama merupakan keutamaan lainnya. Saat memutuskan menjalankan perintah ini, berarti kita sudah turut serta menyebarkan pesan atau syiar agama, yaitu mengenai kewajiban yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada Nabi Ibrahim dan anaknya yaitu Nabi Ismail. Serta memenuhi kewajiban yang diberikan oleh Allah untuk membantu sesama lewat berbagi.

  • Tanda Bersyukur

Keutamaan lainnya yaitu sebagai tanda mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT. Meskipun sedang dalam tekanan dan serangan oleh kaum kafir, Allah pun tetap memerintahkan umat-Nya untuk berqurban. Dalam hal ini secara tidak langsung menunjukkan meskipun sedang dalam keadaan yang sulit, kita masih dapat merasakan nikmat dan berkah kebaikan dari Allah SWT.

  • Aksi Sosial dan Kemanusiaan

Setiap manusia harus saling berbagi kepada sesama dan hal ini juga menjadi salah satu cara agar semua insan bisa merasakan kenikmatan rezeki dan berkah yang diberikan Allah SWT. Hal ini sebagai bentuk wujud aksi sosial dan kemanusiaan saat Idul Adha.

Begitu banyaknya keutamaan yang akan didapatkan bagi yang melakukannya. Apabila kita sudah mampu dan memenuhi syarat segera lakukanlah, karena kita akan merugi jika tidak menunaikannya. Ibadah ini cuma setahun sekali dan mampu mensucikan harta dan juga jiwa, serta membahagiakan saudara yang kurang beruntung di hari raya Idul Adha.

Mulai tahun ini Ayobantu bisa memfasilitasi siapa saja yang ingin berqurban dengan mudah. Kamu tinggal pesan secara online dan hewan qurbanmu siap disalurkan untuk saudara yang membutuhkan.

Ayobantu menyediakan pilihan hewan berkualitas dengan harga terjangkau. Hewan yang disediakan juga teruji bebas dari virus PMK dan proses penyembelihan pun juga dilakukan oleh profesional sesuai syariat Islam.

Yuk qurban mudah, murah, dan membawa berkah bersama Ayobantu!

Baca Juga: Tanya Jawab Mengenai Qurban di Ayobantu