Usaha sampingan adalah cara tepat mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi, kenaikan harga barang sulit dihindari. 

Mau tak mau, Anda yang harus memutar otak agar tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain mengandalkan gaji kantoran, Anda bisa melakukan beberapa usaha sampingan di rumah. 

Umumnya, usaha sampingan tidak memerlukan modal besar dan dapat dijalani di sela-sela kesibukan pekerjaan utama. Berikut 7 usaha sampingan yang bisa jadi inspirasi Anda dalam mencari penghasilan tambahan. 

  • Bisnis Online

Usaha Sampingan

Bisnis Online

Kehadiran marketplace membuat siapa saja bisa berbisnis online. Barang apa pun dapat dijual di toko online, mulai dari pakaian, makanan, minuman, buku, peralatan rumah tangga, mainan, hingga kebutuhan anak. 

Tentu saja Anda harus tentukan dulu siapa target pasar dan produk apa yang akan dijual. Sesuaikan juga dengan modal Anda, apakah bisa memproduksi sendiri atau cukup jadi reseller. 

Pelajari juga bagaimana mengemas produk dengan aman agar selamat tiba di alamat tujuan. Jangan lupa untuk mempromosikan toko online Anda secara berkala di media sosial supaya makin laris. 

  • Usaha Katering

Usaha Sampingan

Usaha Katering

Anda hobi masak? Usaha katering bisa jadi usaha sampingan di rumah yang tepat. 

Anda bisa mengawalinya dari sistem buka pemesanan atau open pre order. Jadi, jumlah porsi yang dibuat menyesuaikan dengan jumlah pesanan. Pas buat Anda yang memiliki modal terbatas. 

Coba fokus pada menu-menu spesial andalan Anda. Sebagai alternatif, sasar kebutuhan konsumen yang spesifik dan belum banyak pesaing. 

Misalnya, katering sehat dengan menu diet rendah kalori, katering anak sekolah,  katering menu vegetarian, dan khusus menu makanan pendamping ASI atau MPASI bayi. 

  • Content Creator

Usaha Sampingan

Content Creator

Menjadi content creator juga bisa jadi salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga. Anda bisa membuat konten menarik seputar aktivitas harian, tips pengasuhan, unboxing hasil belanja online, atau hobi lainnya. 

Cukup bermodalkan ponsel pintar dan koneksi internet Anda sudah bisa membuat konten menarik dengan ide kreatif. Bentuknya juga beragam, seperti tulisan, gambar, ilustrasi, dan video. 

Setelah dirapikan lewat proses editing, baru Anda unggah ke platform media sosial andalan. Bisa YouTube, Instagram, Twitter, Facebook, atau yang lagi tren, Tiktok. 

  • Dropshipper

Usaha Sampingan

Dropshipper

Memulai usaha sampingan minim modal bisa terwujud dengan menjadi dropshipper. Tugas Anda adalah sebagai penghubung produsen dan konsumen. 

Anda cukup menawarkan katalog produk dari produsen kepada konsumen. Setelah mereka memilih produk, Anda akan menangani pesanan tersebut. 

Biasanya, barang akan dikirim langsung dari produsen ke pembeli. Jadi, Anda tidak perlu menyediakan stok maupun melakukan pengemasan. 

Keuntungan dropshipper memang tidak sebesar menjadi reseller atau produksi barang sendiri. Namun, cukup sebanding dengan minimnya modal yang Anda keluarkan. Siapa tahu dengan mengumpulkan hasil dropship itu Anda bisa memulai bisnis online yang lebih besar. 

  • Buka Thrift Shop

Usaha Sampingan

Buka Thrift Shop

Thrift shop sedang tren di kalangan anak muda. Masa pandemi membuat orang mulai bongkar-bongkar lemari pakaian dan menjualnya sebagai pakaian preloved dengan kualitas bagus.

Kalau Anda penggemar fashion, membuka thrift shop bisa jadi ajang menyalurkan hobi yang mendatangkan keuntungan. Coba memulainya dari pakaian milik sendiri yang tidak terpakai, lalu merambah ke pakaian anggota keluarga dan teman. 

Meski dijual dengan harga miring, penggemar pakaian preloved cukup banyak. Terutama mereka yang ingin tetap tampil gaya tapi enggan mengeluarkan uang ekstra, serta mereka yang beralih dari belanja barang brand fast fashion. 

  • Jadi Agen Pulsa

Usaha Sampingan

Jadi Agen Pulsa

Agen pulsa juga cocok dijadikan usaha sampingan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Modal ponsel pintar, aplikasi beli pulsa online, dan koneksi internet sudah cukup memulai usaha ini. 

Pastikan Anda menyediakan pulsa dan paket data dari semua provider. Siapkan juga layanan pembelian token listrik maupun pembayaran tagihan listrik yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari rumah tangga. 

Anda bisa mulai berjualan pulsa dengan menawarkannya kepada anggota keluarga, tetangga, atau teman. Meski sekarang membeli pulsa bisa lewat aplikasi mobile banking atau marketplace, tidak semua orang mengerti caranya. Inilah peluang bagi Anda untuk menjadi agen pulsa. 

  • Buka Toko Kelontong

Usaha Sampingan

Buka Toko Kelontong

Terakhir, usaha sampingan di rumah yang bisa Anda coba adalah membuka toko kelontong. Sebaiknya pilih toko kelontong atau warung yang menyediakan kebutuhan sehari-hari, seperti minyak goreng, gula pasir, beras, telur, bahan makanan, camilan, dan produk pembersih rumah. 

Tentu butuh modal cukup besar untuk membuka warung di rumah. Namun, tidak ada salahnya Anda coba. Apalagi, jika di sekitar rumah belum banyak warung sejenis yang membuat orang harus pergi agak jauh untuk sekadar membeli keperluannya. 

Jika Anda bekerja kantoran, usaha sampingan toko kelontong ini bisa dipercayakan kepada anggota keluarga yang sehari-hari tinggal di rumah maupun mempekerjakan satu karyawan khusus. Maka, barengi dengan sistem manajemen stok barang dan pencatatan keuangan yang rapi agar mudah memantaunya. 

Itulah 7 inspirasi usaha sampingan yang bisa Anda coba lakukan di rumah. Kuncinya ada pada kerapian catatan keuangan agar Anda bisa menikmati sebagian keuntungan usaha tersebut. 

Setelah itu, jangan lupa berdonasi kepada mereka yang membutuhkan ya. Klik di sini untuk mulai donasi online Anda bersama Ayobantu!

Baca Juga: Tips Minum Air Putih dan Manfaatnya untuk Kesehatan