Halo, Teman Peduli.

Air putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, dengan minum air  putih kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi, sehingga tidak terjadi dehidrasi.

Pentingnya Minum Air Putih

Pentingnya Minum Air Putih

Setiap hari tubuh manusia kehilangan cairan, lewat proses berkeringat, membuang cairan kemih, bernapas, dan pergerakan usus. Cairan yang hilang tersebut harus terpenuhi kembali. Pemenuhan kebutuhan cairan tubuh yang optimal, akan membuat tubuh selalu sehat dan prima.

Air Putih VS Minuman Lainnya

Air putih lebih baik daripada jenis minuman lainnya, karena air ini sifatnya bebas kalori, bisa menghidrasi, serta memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Sebaliknya, minuman lain seperti minuman bersoda, hanya mampu untuk melepaskan dahaga saja, tapi kalau untuk kesehatan kurang bersahabat.

Minuman lain yang memiliki warna dan berasa, apalagi yang mengandung soda, mengandung gula dan kalori tinggi, merupakan kandungan yang tidak ramah untuk tubuh. Kandungan-kandungan tersebut tidak memiliki dampak positif untuk tubuh, justru menyumbang dampak yang negatif dan merugikan.

Dampak negatif dari air minum yang tidak baik untuk kesehatan tersebut, seperti:

  • Kerusakan Gigi

Tingginya kandungan gula dalam minuman tersebut, lama kelamaan akan menyebabkan gigi rentan untuk membusuk. Dikarenakan kandungan gulanya bisa melapisi gigi, gusi dan juga lidah.

  • Obesitas

Minuman dengan kandungan kalori yang tinggi akan membuat penikmatnya akan mengalami percepatan naik berat badan. Berbeda dengan air putih yang nol kalori, jadi air putih tentunya lebih sehat.

  • Dehidrasi

Menjadikan minuman selain air putih sebagai pilihan untuk melepaskan dahaga, merupakan kesalahan yang fatal. Bukannya menghilangkan dahaga, konsumsi minuman yang mengandung soda, kafein berlebih, dan kandungan gula yang tinggi dalam jumlah banyak dan tidak wajar, justru membuat tubuh akan dehidrasi dan akan mengalami kelelahan.

Nah, Teman Peduli sudah mengetahui keunggulan air putih dibanding dengan jenis minuman lainnya.

Jadi, Teman Peduli tim air putih atau tim jenis minuman lainnya nih?

Baca Juga: Hujan Lebat Berpotensi Sebabkan Bencana, Simak Tips Tinggal di Daerah Rawan Banjir

Apa Saja Manfaat Minum Air Putih bagi Kesehatan?

Teman Peduli, tidak hanya untuk mencegah dehidrasi saja, tetapi air putih juga memiliki segudang manfaat lainnya loh.

Segudang Manfaat Minum Air Putih

Segudang Manfaat Minum Air Putih. (Dok. Freepik)

Manfaat lainnya yaitu:

  • Menjaga Fungsi Ginjal

Air dibutuhkan oleh tubuh agar ginjal dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Tubuh yang kekurangan cairan, akan menyebabkan urin menjadi berbau dan warna  tidak jernih. Meningkatnya risiko batu ginjal akan terjadi apabila tubuh kekurangan cairan.

  • Mempercepat Penurunan Berat Badan

Minum air putih menjadi salah satu jalan ninja untuk mengurangkan berat badan dalam waktu cepat. Air memiliki kekuatan untuk menurunkan nafsu makan yang berlebih, memperlancar metabolisme tubuh dan membuat olahraga yang dilakukan menjadi efisien. Oleh karena itulah, massa tubuh akan terpengaruh.

  • Menambah Energi

Kebutuhan cairan tubuh yang terpenuhi akan membuat tubuh menjadi sehat dan berenergi. Cairan tubuh yang kurang akan membuat tubuh kelelahan dan tidak bersemangat untuk melakukan aktifitas harian.

  • Menjaga Fungsi Usus

Air putih berguna untuk membantu menjaga fungsi organ dalam tubuh. Minum air yang cukup dapat mencegah terjadinya sembelit.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Kurangnya cairan dalam tubuh akan membuat kulit menjadi kering dan berkerut. Minum air putih secara cukup akan menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit menjadi sehat.

  • Mengelola Kalori

Air putih sangat baik untuk mereka yang sedang menjalankan program diet. Dibanding jenis air minuman lainnya, air ini tidak mengandung kalori alias nol kandungan. Itulah mengapa, jenis air ini sangat baik untuk mereka yang ingin diet.

Baca Juga: 6 Cara Melindungi Orang Utan dari Kepunahan, dari Go Green hingga Galang Dana

Kelola Jadwal Konsumi Air Putih di Waktu yang Tepat

Teman Peduli apakah sudah tau kapan saja waktu terbaik untuk mengonsumsi air putih?

Ilustrasi Minum Air Putih

Ilustrasi Minum Air Putih

Mengetahui dan menerapkan jadwal konsumsi air putih di waktu-waktu emas sangat penting. Di samping kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, kelola jadwal konsumsi air putih akan membangun kebiasaan yang baik untuk kesehatan tubuh. Ini dia waktu-waktu terbaik untuk mengonsumi air putih menurut para ahli:

  • Saat bangun tidur di pagi hari (1-2 gelas)
  • Sebelum makan (1 gelas)
  • Setelah makan (1 gelas)
  • Sebelum dan setelah olahraga (1 gelas sebelum olahraga dan cukupi kebutuhan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga)
  • Sore hari  (1 gelas)
  • Sebelum tidur (1-2 gelas)

Air putih memiliki banyak manfaat kebaikan untuk tubuh manusia. Cukupi kebutuhan cairan tubuhmu dengan optimal. Jadikan air putih sebagai teman setia pelepas dahagamu, tak hanya dahaga yang lepas, kerugian yang akan dirasakan oleh tubuh pun akan terberantas.

Lepas dahaga sementara, tubuh sakit selamanya. Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena kurangnya mengonsumsi air putih. Banyak dari Saudara kita di luar sana dengan kondisi ekonomi rendah, yang membutuhkan bantuan untuk mengobati penyakit gagal ginjal yang menggerogoti.

Teman Peduli, yuk bantu Saudara kita di luar sana untuk beperang dengan gagal ginjal yang mereka derita bersama Yayasan Ginjal Indonesia dengan klik link ini.