Jakarta, 6 Februari 2023 – Run Against Cancer tahun ini kembali digelar. Rute lari melalui wilayah Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kota Salatiga, Kabupaten Semarang dan Kota Semarang. 

Ajang charity run ini sudah menjadi agenda tahunan sejak 2018 yang didedikasikan untuk para penderita kanker. Tahun ini sebanyak 2500 pelari ikut berpartisipasi.

Run Against Cancer (RAC) merupakan event lari sambil mengumpulkan donasi untuk penderita kanker di Rumah Singgah Pasien Kanker di Semarang, Jawa Tengah. Event charity run ini diawali oleh keprihatinan para dokter spesialis onkologi medic terhadap tingginya angka kejadian kanker di Indonesia, baik itu angka penderita maupun angka kematiannya.

Tingginya angka penderita dan angka kematian akibat kanker, berkaitan erat dengan kurangnya pengetahuan dan kesadaran untuk pencegahan dan deteksi dini. Pada awal perkembangannya kanker tidak menimbulkan gejala, sehingga baru terdeteksi dan diobati setelah mencapai stadium lanjut. Ditambah lagi dengan masih banyak penderita yang memilih jalur pengobatan alternatif karena dinilai lebih murah.

Event charity run ini merupakan bukti nyata dukungan yang diberikan terhadap para penderita kanker, dengan mengajak masyarakat untuk mengambil peran dalam kampanye edukasi peningkatan kewaspadaan terhadap kanker dan juga mengulurkan tangan membantu mereka untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang lebih baik. 

Hingga Senin pagi (06/02/2023), total donasi yang berhasil terkumpul untuk para penderita kanker melalui website donasi online ayobantu.com tercatat lebih dari Rp 896 juta. 

Donasi yang berhasil terkumpul akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan Rumah Singgah milik Yayasan Kanker Indonesia cabang Semarang. Rumah singgah ini bisa dihuni oleh pejuang kanker dari luar kota yang membutuhkan tempat tinggal sementara saat menjalani perawatan di Kota Semarang dan diharapkan dapat membantu para pejuang kanker dalam proses terapi penyembuhan penyakitnya. 

Rumah singgah ini memiliki fasilitas 10 kamar tidur, menyediakan akomodasi termasuk kebutuhan makan dan minum, serta antar jemput dari dan ke rumah sakit, semua itu gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Untuk kamu yang ketinggalan mengikuti ajang lari ini tenang aja, kamu masih bisa ikutan donasi untuk membantu para pejuang kanker di sini. FYI, laman campaign galang dana ini akan ditutup pada 28 Februari nanti. Ayo buruan donasi sekarang juga di website ayobantu.com.

Satu donasi darimu, akan sangat bernilai bagi kesembuhan mereka!

Baca artikel mengenai RAC 2023 selengkapnya di sini!