Meskipun sedang berpuasa, Teman Peduli harus melakukan olahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Ternyata beberapa penelitian menyebutkan bahwa berolahraga ketika sedang berpuasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh loh.

Berolahraga saat berpuasa dapat mempengaruhi metabolisme tubuh yang terkait dengan pengelolaan kadar gula darah agar tetap stabil. Tubuh yang sehat saat berpuasa, tentunya bisa membuat kita bisa tetap aktif dan produktif.

Meski sedang berpuasa kita harus dianjurkan tetap bergerak, karena jika tubuh kurang bergerak risiko terkena penyakit akan semakin besar. Tapi, Teman Peduli harus jeli memilih aktivitas fisik yang tepat untuk dilakukan saat berpuasa, sebab aktivitas fisik yang membutuhkan energi tinggi akan sulit diimbangi oleh tubuh.

Lalu apa saja jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa? Yuk, cari tahu jawaban melalui penjelasan di bawah ya!

Manfaat Olahraga Ketika Berpuasa

Puasa membuat banyak orang takut untuk berolahraga. Ketakutan umum yang dirasakan yaitu karena takut tidak kuat menahan haus dan lapar, hingga berujung batal puasa.

Padahal, ada beberapa manfaat yang bisa Teman Peduli dapatkan dengan berolahraga saat berpuasa, di antaranya:

  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Menjaga kebugaran tubuh
  • Mempertahankan massa otot
  • Membakar lemak dengan lebih efisien
  • Meningkatkan performa keseluruhan ketika berolahraga
  • Meningkatkan kinerja hormon insulin dalam tubuh

Baca Juga: Apa Itu Zakat Penghasilan dan Bagaimana Cara Membayarnya?

Jenis-Jenis Olahraga saat Berpuasa

Bersepeda

Olahraga

Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa Teman Peduli pilih sambil menunggu waktu berbuka. Aktivitas fisik ringan satu ini dapat menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda selama 45 menit juga bisa membakar kalori, sehingga cocok untuk Teman Peduli yang ingin menurunkan berat badan.

Jogging

Olahraga

Jogging

Jogging adalah jenis olahraga selanjutnya yang bisa Teman Peduli pilih. Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit menjelang berbuka puasa. Lakukan jogging dengan intensitas santai dan ringan dengan mengatur ritme jogging agar tidak dehidrasi.

Yoga

Olahraga

Yoga

Yoga merupakan pilihan yang tepat apabila Teman Peduli tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak tenaga, tapi tetap bisa berolahraga.

Senam Aerobik dan Zumba

Olahraga

Senam Aerobik dan Zumba

Olahraga  ini dilakukan dengan diiringi alunan musik, sehingga Teman Peduli akan merasa lebih senang dan bersemangat menjalaninya. Meski gerakannya ringan dan mudah diikuti, latihan zumba dan aerobik efektif untuk membakar kalori secara instan, sehingga bagus untuk menurunkan berat badan.

Latihan Beban

Olahraga

Latihan Beban

Salah satu aktivitas fisik yang bisa dilakukan saat berpuasa yaitu latihan beban. Agar tidak terlalu menguras energi, pilih beban yang tidak terlalu berat dan lakukan gerakan angkat beban secara perlahan agar tidak terjadi kram otot.

Plank dan Push Up

Olahraga

Plank dan Push Up

Plank dan push up juga menjadi jenis olahraga selanjutnya yang cocok dilakukan saat sedang puasa. Olahraga yang satu ini bisa Teman Peduli lakukan tanpa perlu ke luar rumah dan hanya membutuhkan sedikit waktu. Teman Peduli bisa melakukannya dengan durasi kurang lebih 20 menit saja.

Jalan Santai

Olahraga

Jalan Santai

Walaupun merupakan salah satu jenis olahraga yang sepele, tapi jalan santai bisa meningkatkan kesehatan tubuh loh. Melakukan jalan santai selama 20-30 menit bisa menjaga kesehatan jantung, otot, dan tulang. Teman Peduli bisa melakukan jalan santai pada saat pagi hari atau di saat sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Lompat Tali

Olahraga

Lompat Tali

Lompat tali merupakan aktivitas fisik sederhana yang bisa Teman Peduli lakukan di rumah. Cukup dengan menggunakan tali skipping saja Teman Peduli bisa meningkatkan koordinasi otak dan tubuh, sehingga keseimbangan tubuh menjadi baik.

Naik Turun Tangga

Olahraga

Naik Turun Tangga

Meskipun terlihat mudah dan sederhana, olahraga naik turun tangga bisa membakar 235 kalori hanya dalam 30 menit saja. Teman Peduli bisa membakar lebih banyak kalori lagi dengan menambah waktu dan meningkatkan kecepatannya, tapi jangan berlebihan karena bisa terjadi dehidrasi.

Treadmill

Olahraga

Treadmill

Treadmill merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa Teman Peduli lakukan saat berpuasa. Aktivitas fisik ini bisa mempercepat metabolisme dan membantu detoksifikasi tubuh. Teman Peduli bisa melakukan aktivitas ini selama 20 menit sebelum waktu berbuka puasa.

Itulah beberapa jenis olahraga yang bisa Teman Peduli lakukan saat sedang berpuasa. 

Saat bulan Ramadhan, tak hanya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saja yang penting untuk dilakukan. Tapi, penting juga untuk memanfaatkan momen Ramadhan ini sebagai ajang untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya, sebab setiap amalan kebaikan yang dilakukan di bulan ini akan diganjar oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat ganda.

Teman Peduli bisa melakukan salah satu amalan kebaikan dengan berbagi untuk saudara yang membutuhkan melalui platform donasi Ayobantu. Ayobantu merupakan salah satu platform donasi online terpercaya di Indonesia yang sudah mengantongi izin dari Kementerian Sosial RI. Jadi, Teman Peduli tidak perlu takut donasi yang diberikan akan disalahgunakan.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Risiko Kanker Pada Anak