Halo, Teman Peduli.

Tanpa kita sadari ada beberapa kebiasaan yang menjadi bagian dalam kehidupan yang biasa dilakukan sehari-hari dan tak bisa dihilangkan. Kebiasaan yang biasa dilakukan tersebut, belum tentu semuanya merupakan kebiasaan baik. Ada beberapa kebiasaan yang dinilai buruk dan dapat menurunkan nilai diri di mata orang lain.

Sangat penting untuk menjaga etika dan mulai belajar untuk tidak mengabaikannya, agar tidak dinilai sebagai individu yang tak beretika dan tidak sopan. Etika merupakan suatu norma atau aturan yang dipakai sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat bagi seseorang yang berkaitan dengan sifat baik dan buruk. Hal ini menjadi standar penilaian moral seseorang.

Baca Juga: Alami Dampak Psikologis Pasca Kecelakaan dan Tak Bisa Jalan

Beberapa Etika Sederhana Kaya Makna dalam Kehidupan Sehari-hari!

  • Jangan menyela ketika orang lain berbicara
Etika

Jangan Menyela Ketika Orang Lain Berbicara

Ketika orang lain sedang berbicara, jangan sekali-sekali menyela. Dengarkan dengan seksama pembicaraannya. Pandangi ketika mereka berbicara, jangan melihat ke arah lain apalagi memikirkan hal-hal di luar konteks yang sedang dibicarakan. Hargai si pembicara dan kalau ada opini atau pendapat berbeda yang ingin disampaikan tunggu sampai si pembicara selesai.

  • Tidak mengeluarkan suara kecapan saat makan
Etika

Tidak mengeluarkan suara kecapan saat makan

Walaupun dalam keadaan lapar sekalipun, jangan pernah makan dengan terburu-buru apalagi sampai mengeluarkan suara kecapan. Mengecap dianggap sebagai perilaku yang tidak sopan.

  • Perhatikan nada bicara 

Jangan berteriak keras atau tertawa hingga membuat banyak orang merasa risih dan terganggu. Ketika kamu masih melakukan hal ini, kamu akan dianggap sebagai individu atau pribadi yang tak beretika. Nada bicara berperan penting dalam proses penerimaan pesan. Penggunaan nada bicara yang salah akan membuat komunikasi yang awalnya hendak dibangun dengan baik justru akan berimbas buruk.

  • Sopan dengan semua orang tanpa pandang bulu
Etika

Sopan dengan semua orang tanpa pandang bulu

Masih banyak orang yang memperlakukan seseorang berdasarkan status sosial, baik itu karena pendidikannya, latar belakang keluarganya, dan lain-lain. Kamu harus bersikap sopan pada siapapun dalam keadaan apapun. 

  • Jangan melanggar janji yang sudah diucapkan
Etika

Jangan melanggar janji yang sudah diucapkan

Manusia yang beretika, hendaknya selalu untuk menepati janji yang sebelumnya sudah disepakati dengan orang lain. Sebelum membuat kesepakatan dalam perjanjian, kamu harus mampu untuk berpikir apakah bisa menepatinya atau tidak. Hindari menaruh harapan pada orang lain yang bisa berujung kekecewaan. Kekecewaan ini tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan konflik yang berkepanjangan nantinya.

  • Jangan meremehkan dan menghina orang lain
Etika

Jangan meremehkan dan menghina orang lain

Sebagai manusia yang memiliki etika, jangan sekali-sekali merendahkan orang lain di hadapan siapapun, hargailah setiap individu yang ada. Hargailah keberadaan, pendapat, buah pikiran, dan hasil jerih payah mereka. Kita tidak pernah tahu bagaimana latar belakang dan perjuangan mereka dalam berproses hingga berhasil mencapai suatu pencapaian.

  • Hargai pendapat orang lain dan berikan kritikan yang membangun
Etika

Hargai pendapat orang lain dan berikan kritikan yang membangun

Menghargai pendapat orang lain merupakan hal yang sangat penting di dalam kehidupan bermasyarakat. Meskipun hal itu tidak sejalan dengan pendapatan yang kamu punya, kamu harus tetap menghargainya. Sanggahlah pendapat tersebut dengan sopan dan sertakan alasan yang jelas di baliknya. Hal ini bertujuan untuk menghindari perdebatan dan konflik yang berkepanjangan.

  • Berani akui kesalahan dan legowo untuk meminta maaf
Etika

Berani akui kesalahan dan legowo untuk meminta maaf

Namanya manusia, pasti tidak pernah luput dari yang namanya kesalahan. Jika kamu melakukan perbuatan yang salah, akuilah kesalahan tersebut dengan rendah hati dan minta maaflah kepada orang yang sudah disakiti. Dengan cara demikian, setidaknya dapat membuat hidup kamu kembali tentram, damai, dan jauh dari konflik.

Ketika melakukan kesalahan janganlah menghindar, berusaha mencari pembelaan, atau bahkan mencari kambing hitam atas kesalahan yang jelas-jelas kamu perbuat. Hal-hal ini bukannya membuat masalah menjadi selesai, malah akan membuat masalah semakin panjang dan runyam.

  • Gunakan ilmu dan keahlian yang dimiliki untuk hal yang bermanfaat bagi orang banyak
Etika

Gunakan ilmu dan keahlian yang dimiliki untuk hal yang bermanfaat bagi orang banyak

Saat ini banyak orang yang menyalahgunakan ilmu dan keahlian yang dipunya untuk membangun dan menipu orang lain. Sebagai manusia yang memiliki etika, hal demikan tidak boleh untuk dilakukan.

Itulah beberapa etika sederhana yang kaya makna. Etika tersebut sering diabaikan, padahal hal itu menjadi modal atau pedoman seseorang dalam menilai kepribadian diri yang kita punya. Jadilah pribadi yang beretika dan tunjukkan kepada orang banyak, bahwa kamu adalah individu yang sopan dan berpendidikan.

Baca Juga: Trik Jitu Menyukseskan Penggalangan Dana di Ayobantu