Berikut ini beberapa istilah yang sering digunakan di Ayobantu.com. Ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu istilah-istilah tersebut ya, agar kamu semakin kenal dan semakin dekat dengan Ayobantu.

  • Add On

Add on yaitu dana tambahan yang didonasikan di luar biaya pokok, misalnya dalam sebuah event. Dana tambahan di luar biaya pendaftaran dan biaya lainnya dikatakan dengan add on. Biaya tersebut akan didonasikan pada campaign yang menjadi bagian dari event itu sendiri atau campaign lain yang ada di Ayobantu. Biasanya add on ini bersifat sukarela dan tidak ada unsur paksaan di dalamnya.

  • Ads

Ads yaitu iklan, jadi maksud iklan di sini yaitu campaign-campaign yang ada di Ayobantu diiklankan di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Syarat sebuah campaign bisa menjadi ads yaitu memiliki deskripsi campaign yang jelas, dokumentasi yang bagus, dan dokumen pendukung lainnya lengkap.

  • Bantu Bangkit

Bantu Bangkit yaitu suatu program yang ditujukan untuk membantu orang-orang yang mengalami kerugian pasca bencana alam, misalnya mereka kehilangan tempat tinggal, kesulitan memperoleh bahan pangan, kehilangan sanak saudara, dan lain-lain.

  • Bantu Makan

Bantu Makan yaitu suatu program yang dilakukan untuk menolong saudara-saudara di luar sana yang mengalami kesusahan untuk memperoleh makanan sehari-hari.

  • Bantu Sembuh

Bantu Sembuh yaitu sebuah program yang dilakukan untuk membantu sudara-saudara di sekitar untuk mendapatkan pengobatan atas penyakit yang diderita.

  • Beneficiary

Beneficiary yaitu sebutan untuk orang yang menerima donasi atau dikenal juga dengan sebutan penerima manfaat.

  • Brand Peduli

Brand Peduli yaitu panggilan atau sebutan untuk perusahaan atau brand yang menjalin kerjasama dengan Ayobantu.

  • Campaign

Campaign yaitu sebutan untuk halaman penggalangan dana yang ada di Ayobantu.

  • Campaigner

Campaigner yaitu panggilan untuk orang-orang yang melakukan penggalangan dana.

  • Cerita Penyintas

Cerita Penyintas merupakan salah satu kategori artikel yang ada di blog Ayobantu. Cerita penyintas membahas mengenai individu, kelompok, komunitas, lembaga, atau yayasan yang sedang berjuang menghadapi keterbatasan dan membutuhkan bantuan.

  • CSR

Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Ayobantu sendiri telah melaksanakan banyak kerjasama CSR sebagai bentuk wujud rasa peduli ke lingkungan sekitar.

  • Fundraiser atau Suporter

Fundraiser yaitu pihak yang membantu menggalang dana untuk sebuah halaman galang dana. Di Ayobantu kamu bisa dengan mudah menjadi fundraiser untuk membantu mereka yang membutuhkan, kamu juga bisa mengajak kerabat ataupun teman dekat dan orang-orang lainnya untuk bersama-sama menjadi pahlawan kebaikan dan mengukir senyum mereka yang membutuhkan pertolongan di luar sana.

Jika kamu ingin menjadi fundraiser di salah satu campaign yang ada di Ayobantu dan ingin mengetahui bagaimana caranya, kamu baca di sini ya!

  • Gambar Cover atau Thumbnail

Gambar cover merupakan gambar yang terdapat di halaman depan galang dana. Gambar cover ini terletak di atas judul campaign galang dana. Gambar cover ini melekat setiap kali halaman galang dana dibagikan di media sosial. Jadi, pastikan pilihlah gambar atau foto yang menarik sebagai pilihan cover campaign.

  • Implementasi Program

Implementasi program yaitu kegiatan menyalurkan bantuan atau donasi yang telah terkumpul kepada penerima manfaat.

  • Kisah Peduli

Kisah Peduli juga merupakan salah satu kategori artikel yang ada di blog Ayobantu. Kisah Peduli membahas mengenai individu, kelompok, komunitas, lembaga, atau yayasan yang inspiratif, yang melakukan aksi sederhana atau gerakan sosial untuk membantu sesama. 

  • Mitra Peduli

Mitra Peduli yaitu panggilan untuk lembaga sosial atau NGO atau komunitas yang menjalin kerjasama dengan Ayobantu.

  • Platform Fee

Platform fee yaitu dana operasional yang dikenakan oleh Ayobantu pada setiap donasi yang diadakan di platform Ayobantu, yang masing-masingnya dikenakan potongan 5%. Platform fee tidak berlaku pada donasi kategori zakat dan bencana alam. Pada dua kategori ini seluruh donasi yang terkumpul akan diberikan secara utuh tanpa adanya potongan biaya.

  • Rekam Medis

Rekam medis merupakan salah satu dokumen yang harus dilampirkan ketika kita akan melakukan galang dana di Ayobantu. Rekam medis yaitu  berkas berisi catatan dan dokumen tentang pasien yang berisi identitas, pemeriksaan, pengobatan, tindakan medis lain pada sarana pelayanan kesehatan untuk rawat jalan, rawat inap baik dikelola pemerintah maupun swasta

  • Tanya Bantu

Tanya Bantu yaitu sebuah wadah yang disediakan oleh Ayobantu kepada Teman Peduli untuk bertanya seputar penjelasan dan prosedur optimasi, serta hal-hal lainnya yang memiliki kaitan dengan donasi di Ayobantu.

Gambar cover ini bisa ditambahkan kalimat atau pesan yang ingin disampaikan pada calon donatur. Fungsinya tentu saja untuk memperkuat alasan untuk mereka berdonasi.

  • Teman Peduli

Teman Peduli yaitu panggilan untuk teman-teman yang telah berdonasi di Ayobantu.

  • Tips Ayobantu

Sedangkan Tips Ayobantu memuat artikel-artikel yang membahas mengenai penjelasan dan prosedur optimasi penggalangan dana di Ayobantu.com. Tak hanya itu, di dalam kategori ini juga membahas mengenai tips-tips dan life hacks lainnya.