Hallo, Teman Peduli.

Tinggal menghitung hari, umat Islam akan menyambut datangnya hari raya Idul Adha. Momen ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu karena ada tradisi penyembelihan hewan kurban. 

Kurban merupakan salah satu perintah Allah kepada umat-Nya yang mampu dan sudah memenuhi syarat. Dalam menjalankan perintah Allah ini, kita harus memperhatikan syarat-syarat hewan yang akan digunakan, agar diterima oleh Allah dan bisa mendatangkan pahala. Lantas, apa saja syarat-syaratnya?

Syarat Hewan Kurban

Kurban

Syarat Hewan

Dalam menjalankan ibadah kurban, umat Islam tidak boleh sembarangan dalam menentukan dan memilih kriteria hewannya, karena semua sudah diatur oleh syariah. Berikut beberapa syarat yang perlu diperhatikan dalam memilihnya:

Jenis Hewan Kurban

Syarat pertama dari hewan yang diperbolehkan yaitu bahimatul an’am yang artinya hewan ternak. Hewan ternak yang dikurbankan juga tidak boleh sembarangan.

Jenis hewan ternak yang bisa digunakan yaitu sapi, kerbau, unta, atau kambing. Tapi kembali lagi, hewan-hewan ini harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Syarat mengenai jenis hewan ini tidak bisa diabaikan, karena sudah ditegaskan dalam Al-Qur’an yang berbunyi:

“Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)” (Qs. Al-Hajj: 37)

Dengan kata lain, selain jenis hewan yang disebutkan di atas berarti tidak diperbolehkan untuk dijadikan hewan kurban. Seperti ayam, bebek, angsa, kelinci, dan jenis lainnya, walaupun hewan ini tergolong ke dalam hewan yang boleh dan bisa diternak, serta umum diternakkan.

Usia Hewan Kurban

Dalam Islam untuk usia hewan ternak yang dipilih juga diatur. Apabila usia hewan tersebut tidak sesuai dengan peraturan dalam Islam, maka kurban yang dilakukan tersebut dianggap tidak sah. Jadi pastikan dahulu usia hewan yang kamu pilih.

  • Kerbau dan Sapi (Minimal usia 2 tahun)
  • Unta (Minimal usia 5 tahun)
  • Domba (Minimal usia 1 tahun atau gigi domba sudah berganti)
  • Kambing (Minimal usia 2 tahun)

Baca Juga: Cara Qurban Mudah di Ayobantu.com!

Sehat Tanpa Cacat dan Tidak Hamil

Selain jenis dan usia hewan, kondisi fisik dan kesehatan dari hewan juga harus diperhatikan. Agama Islam mewajibkan hewan yang digunakan harus benar-benar sehat dan dengan kondisi fisik yang tidak cacat. Agama Islam juga melarang untuk memilih hewan yang sedang dalam kondisi hamil.

Milik Sendiri

Hewan kurban tidak sah jika diperoleh dari hasil mencuri atau menggunakan milik orang lain dan menggunakan hewan hasil dari warisan. Apabila hewan dibeli menggunakan uang sendiri, maka uang tersebut juga harus diperoleh dengan cara benar dan halal berdasarkan syariat Islam. 

Kolektif/Patungan

Kurban juga boleh dilakukan secara bersama-sama atau patungan, dengan kata lain tidak harus satu orang satu hewan, tapi asalkan dilakukan dengan cara yang halal. Terkait dengan jumlah peserta patungan juga sudah ada aturannya, yaitu:

  • Maksimal 10 orang untuk 1 ekor unta
  • Maksimal 7 orang untuk 1 ekor sapi
  • Tidak boleh patungan, 1 orang untuk 1 domba/ kambing

Waktu Penyembelihan

Waktu penyembelihan bisa dimulai setelah hari raya Idul Adha dan batas akhirnya pada tanggal 13 Dzulhijjah saat matahari sudah terbenam. Sedangkan menurut Mazhab Syafi’i, batas akhir penyembelihan yaitu 4 hari setelah hari raya Idul Adha.

Memilih dan mencari hewan yang sesuai dengan syariah memang tidak mudah. Prosesnya panjang dan memerlukan banyak waktu serta tenaga, karena harus dipilih secara teliti agar kurban yang dilakukan sah dan diterima oleh Allah SWT.

Namun Teman Peduli tidak usah khawatir, kamu bisa berkurban bersama Ayobantu. Mulai Tahun ini Ayobantu bisa memfasilitasi siapa saja yang ingin berkurban. Kamu tinggal pesan secara online dan hewan sembelihanmu siap disalurkan untuk saudara yang membutuhkan.

Ayobantu menyediakan pilihan hewan berkualitas dengan harga terjangkau. Hewan yang disediakan juga teruji bebas dari virus PMK dan prosesnya juga dilakukan oleh profesional sesuai syariat Islam.

Kamu akan mendapatkan laporan secara lengkap melalui email sebagai bentuk transparansi Ayobantu

Yuk, berkurban bersama Ayobantu, tak hanya membersihkan harta dan jiwa, serta mendapatkan banyak pahala, kamu juga berhasil membuat saudara kita yang kurang beruntung berbahagia di hari raya Idul Adha!

Baca Juga: Tanya Jawab Mengenai Qurban di Ayobantu