Halo, Teman Peduli.

Teman Peduli pernah mengalami benjolan di leher secara tiba-tiba kah?

Benjolan yang biasanya terletak di lokasi lipatan tubuh tersebut, kerap kali membuat banyak orang khawatir. Munculnya benjolan di lipatan sering diindikasikan sebagai gejala awal kanker. Hal itulah yang memunculkan perasaan was-was banyak orang.

Untuk memeriksa benjolan di tubuh bisa dilakukan secara mandiri, tetapi masih banyak individu yang abai dengan kondisi kesehatan. Bahkan, tidak jarang baru disadari ketika benjolan tersebut membesar dan memunculkan rasa sakit. Tapi tidak semua benjolan merupakan benih kanker, untuk memastikannya pemeriksaan oleh ahli lebih disarankan.

Untuk melakukan pemeriksaan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kondisi ekonomi kerap kali menjadi alasan si benjolan tersebut menjadi berlarut, hingga membuat pengidapnya kehilangan harapan dan impian. Seperti yang dihadapi oleh Rizky, ia tidak bisa menikmati masa remajanya karena benjolan di leher yang ia derita.

Masa remaja merupakan masa emas pada diri individu, bertemu dengan banyak orang, mempelajari segala hal dan melakukan berbagai macam kegiatan untuk mengasah kemampuan, menjadi penentu kesuksesan di masa yang akan datang. Indah dan menantangnya masa-masa remaja merupakan proses yang dinantikan setiap orang. Begitu juga Rizky.

Indahnya masa remaja hanya bisa menjadi tontonan Rizky dari kasur tipis yang menjadi sahabatnya sehari-hari. Belajar di sekolah, bermain dengan teman sebaya, melakukan hal yang disuka, dan mengembangkan bakat yang dipunya, semuanya nihil untuk bisa Rizky lakukan, karena benjolan di leher yang semakin membesar. Benjolan di leher tersebut dinyatakan oleh Dokter sebagai kelenjar getah bening.

Simak cerita Rizky, remaja penderita kelenjar getah bening yang membuatnya tidak bisa beraktivitas dengan normal.

Apa itu Kelenjar Getah Bening?

Teman Peduli apakah sudah tahu apa itu kelenjar getah bening?

 

Ilustrasi Benjolan di Leher

Ilustrasi Benjolan di Leher. (Dok. Freepik)

Dilansir Halodoc, kelenjar getah bening yaitu bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yang berperan untuk melawan infeksi akibat bakteri, kuman, virus, dan parasit. Kelenjar ini akan membengkak dan membentuk benjolan, apabila terjadinya infeksi dan akan mengempis kembali seiring dengan meredanya infeksi tersebut.

Terdapat sekitar 600 kelenjar yang tersebar di tubuh manusia. Kelenjar ini terletak di lipatan-lipatan tubuh seperti leher, dada, ketiak, perut, dan selangkangan. Timbulnya benjolan secara tiba-tiba di daerah tersebut, kerap kali menimbulkan perasaan was-was. Pada beberapa kasus, benjolan ini terdeteksi sebagai cikal bakal kanker.

Benjolan yang disebabkan oleh infeksi akan mengempis setelah penyebab infeksi teratasi. Namun, apabila benjolan tersebut semakin membesar dan mengganggu, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Baca Juga: Apa Itu Depresi? Simak Pengertian, Jenis, dan Cara Mengatasi

Simak Kisah Rizky, Remaja Pengidap Kelenjar Getah Bening

Benjolan di leher Rizky (12 thn), yang awalnya kecil dan diperkirakan akan mengempis seiring waktu ternyata salah. Benjolan di leher dengan ukuran kecil tersebut, ternyata merupakan cikal bakal kanker. 

Benjolan di leher yang kian membesar dan diiringi dengan sakit kepala yang teramat, membuat Rizky hanya tergolek di atas kasur. Sulit berdiri tegak karena pusing luar biasa, benjolan yang membatasi ruang geraknya, dan seringnya sesak napas, membuat ia tidak bisa banyak memilih. Istirahat ditemani dengan kasur tipis dan selimut seadanya merupakan satu-satunya pilihan yang bisa diambil oleh Rizky.

Menikmati waktu bermain dengan teman sebaya, melenggang bebas di sekolah lengkap dengan seragam kebanggaan, serta melakukan hal yang disuka, hanya mampu dibayangkan oleh Rizky di sudut kamarnya.

Baca Juga: Kanker Tulang Semakin Parah, Bantu Raffa Kembali Bersekolah

Rizky Butuh Uluran Tangan

Benjolan di leher yang kian membesar tersebut didiagnosis oleh dokter, sebagai kanker kelenjar getah bening dengan tingkat parah. Bahkan, kanker tersebut membuat paru-parunya tergenang oleh air, yang menyebabkan ia kesulitan untuk bernafas. Selang yang dipasang dibadannyalah yang membantu ia bernapas dan bertahan hidup.

Rizky dengan Benjolan di Leher yang Makin Membasar

Benjolan di leher Rizky yang makin membesar. (Dok. Yayasan Misykat Cahaya Ilahi)

Operasi menjadi satu-satunya cara yang disarankan oleh dokter untuk membuat Rizky bisa beraktivitas normal kembali. Nominal yang dibutuhkan untuk operasi tersebut tidaklah sedkit. Berasal dari kalangan keluarga pra sejahtera, operasi Rizky tentunya tidak dapat dipenuhi oleh keluarga.

Ayah Rizky merupakan seorang buruh serabutan yang tidak setiap hari mendapatkan upah. Jika ada pun, duit yang didapatkan habis untuk makanan harian sekeluarga. Kondisi Rizky yang kian memburuk, juga membuat Ibunya mengalah dan mengikhlaskan pekerjaannya sebagai buruh pabrik untuk fokus merawat Rizki di rumah.

Biaya operasi yang tidak sedkit, plus ongkos trasportasi untuk ke fasilitas kesehatan yang berlokasi jauh dari rumahnya, tentu membutuhkan dana ya Sahabat.

Ayobantu mengajak Teman Peduli untuk bersama-sama membantu mewarnai masa remaja Rizky kembali. Angkat kanker kelenjer getah bening Rizky yang sudah tega mengubur impiannya.

Yuk, bantu Rizki dengan klik link ini agar Rizky menikmati kembali masa remajanya.

Satu donasi darimu, satu warna harapan untuk masa remaja Rizky.

Referensi: 

Kelenjar Getah Bening – Halodoc