Setiap orang pasti akan merasakan kesedihan saat ditinggalkan oleh orang-orang yang dicinta. Orang yang sedang berduka sangat bahagia ketika orang-orang di sekitar memberikan perhatian kepadanya. 

Saat-saat berduka merupakan waktu sulit bagi yang sedang menjalaninya. Mereka membutuhkan banyak perhatian dan dukungan dari sekitar atas kehilangan yang dialami. Tapi masih banyak orang yang tidak tahu dan takut salah ketika ingin memberikan dukungan dan menghibur mereka yang sedang berduka.

Fase dan tahapan kesedihan seseorang berbeda-beda dan apa yang mereka butuhkan bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu. Simak tips di bawah ini ya #TemanPeduli, agar kamu bisa tahu bagaimana cara menghibur mereka yang sedang berduka dan bisa meredakan sedikit kesedihan yang mereka rasa!

Cara Menghibur Orang yang Sedang Berduka

Berikut ini 9 hal yang dapat #TemanPeduli lakukan ketika ingin menghibur seseorang yang sedang berduka:

  • Ada untuk mereka
Berduka

Ada untuk Mereka

Hari-hari setelah seseorang yang dicintai meninggal dunia, cenderung akan menjadi waktu yang sangat emosional bagi mereka yang ditinggalkan. Mereka diliputi rasa sedih, bingung, shock, hingga mati rasa. Pada saat seperti ini, akan sangat lega rasanya bagi orang yang berduka ketika mengetahui bahwa banyak orang-orang terdekat atau di sekitar hadir untuk memberikan perhatian dan dukungan.

  • Ikut merasa kehilangan dan bersimpati

Kamu bisa mengirimkan pesan yang bijaksana sebelum menelponnya, serta mengirimkan karangan bunga sebagai bentuk belasungkawa. Orang-orang yang sedang berduka merasakan mendapatkan perhatian ketika ada yang mengirimkan ucapan duka, karangan bunga, atau yang lainnya.

  • Biarkan ia tahu atas kehadiran kita

Tunjukkan kalau kehadiran kamu siap sedia jika ia butuh teman berbicara dan menceritakan kesedihannya, namun jangan dipaksa dan biarkan cerita itu mengalir begitu saja ketika mereka yang sedang berduka telah siap. Pastikan kamu selalu berada di sekitarnya, meskipun mereka masih dalam keadaan kalut. Yang terpenting ia tahu, kalau kamu ada di sana, peduli tehadapnya, dan siap sedia untuk mendukung bagaimanapun caranya.

Berikan mereka ruang dan waktu untuk bisa berdamai dengan kesedihan yang dialami.

  • Berbagi cerita atau kenangan yang pernah ada

Jika kamu mengenai orang yang telah meninggal, kamu pasti memiliki keinginan untuk menceritakan bagaimana kenangan bersama ia dulu, bagaimana hebat dan baiknya dia. Atau bahkan ingin menunjukkan foto kebersamaan yang pernah ada. Sebaiknya pilihlah cerita yang positif dan tetap fokus kepada ia yang telah berpulang, daripada menonjolkan cerita apa yang kamu lakukan dan katakan.

Hal-hal tersebut bisa sedikit menghibur mereka yang ditinggalkan dan sedang berduka, memori cerita atau kenangan tersebut membuat yang ditinggalkan merasa beruntung pernah memiliki sosok tersebut.

  • Lakukan sesuatu hal yang sederhana untuk mereka

Kamu bisa menawarkan hal-hal sederhana yang bermakna untuk mereka atau meminta sesuatu yang sekiranya dapat mengurangi tekanan pasca berduka yang mereka alami. Menemaninya, berbelanja untuknya, memasak makanan yang ia suka, dan lainnya. Hal tersebut merupakan bentuk kasih sayang dan wujud kepedulian kamu terhadap mereka yang sedang berduka.

Baca Juga: 10 Amalan Ringan dengan Pahala Besar, Sudah Lakukan Ini?

  • Terus perhatikan keadaan mereka
Berduka

Terus Perhatikan Keadaan Mereka

Jangan takut untuk memberitahu mereka yang sedang beduka, bahwa kamu memikirkannya, atau mengirim pesan hanya untuk ingin mengetahui bagaimana kabarnya. Mereka yang berduka lebih rentan terkena penyakit, jadi ingatkan mereka untuk selalu menjaga diri, jangan terlalu keras untuk melupakan dia yang mereka cinta, dan banyak istirahat.

  • Beri mereka waktu untuk siap bercerita
Berduka

Beri Mereka Waktu untuk Siap Bercerita

Tunjukkanlah kalau kehadiran kamu ada untuknya, kamu selalu ingat dengan kesedihan yang ia rasakan, dan kamu siap sedia untuk menjadi pendengar jika ia ingin membicarakan kesedihannya. Bersikaplah terbuka atas apapun yang mereka rasakan dan jangan paksa ia untuk meluapkan kesedihannya secara tiba-tiba.

  • Ajak mereka untuk bersenang-senang sejenak

Ajak mereka untuk bersenang-senang sejenak untuk melupakan kesedihan yang mereka rasakan. Kamu bisa mengajaknya jalan-jalan, berbelanja, menonton, dan melakukan hal-hal yang mereka sukai lainnya. Refreshing ini akan membantu meredakan sedikit pilu yang mereka alami.

  • Agendakan kegiatan bersama mereka

Agendakan kegiatan bersama mereka, kamu tidak boleh memaksanya harus hadir, cukup untuk undang bergabung dengan kegiatan yang telah kamu agendakan. Jangan berikan mereka tekanan, mereka masih butuh untuk bersosialisasi dan menata hidup kembali. 

  • Bantu kesulitan yang mereka hadapi

Ditinggalkan oleh mereka yang dicinta terlebih lagi mereka merupakan sandaran atau tempat berpegang, membuat mereka yang ditinggalkan merasakan gamang, canggung, dan kesulitan dalam melanjutkan hidup. Misalnya saja ditinggalkan oleh orang tua, anak akan merasakan hilang arah dan tidak tau bagaimana caranya memenuhi kebutuhan selama ini yang mereka tau sudah tersedia. Kamu bisa membantunya dengan dana dan kemudian mengajarkannya pelan-pelan kehidupan yang sebenarnya

Menghibur orang yang berduka tidak hanya bisa kamu lakukan kepada teman, saudara, atau orang-orang yang kamu kenali saja. Sebagai sesama manusia, sudah seharusnya kita membantu sesama. Kamu juga bisa membantu warga di Cianjur yang baru-baru ini terdampak gempa. Mereka sedang dirundung duka dan nestapa.

Banyak dari mereka yang kehilangan sanak saudara dan orang yang dicinta, tak hanya itu mereka juga kehilangan rumah, dan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari pasca bencana melanda.

Teman Peduli, yuk bantu saudara-saudara yang terdampak gempa di Cianjur di sini ya. Satu donasi darimu akan menumbuhkan seribu harapan untuk mereka bisa pulih seperti semula.

Baca Juga: Rasyid Penderita Kelainan Genetik Langka Sindrom Apert Butuh Bantuan