Menyukseskan penggalangan dana tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kesalahan dalam mengatur strategi dan perancangannya, akan berdampak terhadap sedikitnya donatur yang melirik donasi yang akan kita galang. Kesalahan-kesalahan ini pada akhirnya juga akan berdampak terhadap jumlah donasi.

Kesuksesan penggalangan dana bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi. Ada banyak campaign galang dana yang sukses didanai lewat Ayobantu. Keberhasilan galang dana tergantung pada orang yang melakukan penggalangan dana tersebut dan Ayobantu hanya berperan sebagai penyedia wadah untuk melakukannya saja.

Berikut ini trik jitu yang dapat kamu terapkan jika penggalangan danamu masih minim donatur. Jangan lupa untuk langsung diterapkan ya Teman Peduli dan buktikan keampuhannya!

Baca Juga: Cara Praktis Berdonasi Melalui Ayobantu.com

  • Rancang Penggalangan Donasimu Terlebih Dahulu

Penggalangan Dana

Rancang Penggalangan Dana

Rancangan penggalangan dana merupakan hal utama yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. Rencana yang matang dan telah direncanakan akan membuatmu mudah dalam mengeksekusi campign. Rancangan penggalangan dana dapat dimulai dari menetapkan tujuan apa yang ingin dicapai dalam pembuatan galang dana tersebut.

Berawal dari penetapan tujuan tersebut, maka akan muncul strategi-strategi lainnya seperti bentuk donasi yang akan diterima, target donatur yang akan dituju, partner yang akan diajak untuk berkolaborasi dalam penggalangan dana, dan lain-lain. Setelah menyusun strategi-strategi tersebut kamu bisa menentukan platform donasi mana yang akan kamu gunakan. Pilihlah platform donasi yang sesuai dengan visi dan misi campaign kamu.

Setelah memilih platform donasi yang akan kamu tuju, selanjutnya kamu bisa menyusun narasi campaign yang nantinya akan kamu publikasikan. Narasi tersebut harus berisikan tujuan dari penggalangan dana, kepada siapa donasimu tersebut akan diberikan, di mana lokasinya, urgensinya apa, dan lain-lain. Narasi tersebut juga harus dilengkapi dengan data, dokumen pendukung, gambar, dan juga video.

Setelah membuat narasi campaignnya, tentukanlah timeline pelaksanaan penggalangan danamu. Kapan donasimu tersebut akan dibuka dan kapan berakhirnya, siapa donatur yang akan dijadikan priotitas, dan berapa target donasi yang ingin dicapai. Semua hal ini harus selalu ditinjau selama pelaksanaan galang dana berlangsung.

  • Gunakan Sistem Donasi Anti Ribet

Penggalangan Dana

Pilih Penggalangan Dana yang Sistemnya Mudah. (Dok. Elements Envato)

Kemudahan dalam berdonasi merupakan salah satu hal yang harus sangat diperhatikan. Pilihlah platform donasi yang memiliki sistem anti ribet. Sistem donasi yang ribet akan membuat orang merasa malas duluan dan bahkan hal ini dapat mengurungkan niat mereka untuk berdonasi.

Jadi, pilihlah platform donasi dengan sistem anti ribet. Ayobantu adalah pilihan yang tepat, Ayobantu merupakan platform donasi online yang memiliki sistem mudah, seseorang dapat berdonasi hanya dengan menggunakan perangkat yang telah tersambung ke internet, tidak menunggu waktu lama sat set sat set donasi telah berhasil diberikan. Donatur juga tidak akan kebingungan ketika melakukan donasi, sebab tata cara melakukan donasi bisa diakses di laman website Ayobantu dan seluruh proses donasinya dilakukan dengan praktis dan transparant.

  • Manfaatkan Media Sosial dan Media yang Ada untuk Publikasi

Penggalangan Dana

Manfaatkan Media Sosial untuk Penggalangan Dana. (Dok. Elements Envato)

Saat ini, media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia. Banyak hal yang dapat dilakukan menjadi gampang dengan adanya media sosial tersebut. Oleh karena itulah, salah satunya media sosial memegang peranan yang penting dalam menyukseskan penggalangan dana.

Ayobantu tidak hanya memberikanmu ruang untuk menggalang dana secara online, tetapi juga menyedikan cara mudah untuk menyebarkan kampanyemu ke media sosial. Kamu bisa bagikan kampanyemu lewat media sosial. Dengan begitu, kampanye galangan danamu bisa meraih lebih banyak calon donatur dalam waktu yang singkat.

Kamu juga bisa minta bantuan teman dan keluarga untuk membantu menyebarkan kampanyemu di media sosial mereka, atau jika kamu memiliki tim, ajak mereka untuk membantumu menyebarluaskan kampanye.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur “Fundraiser & Supporter” untuk meningkatkan performa campaign galangan danamu, kamu bisa berkolaborasi bersama influencer, partner atau timmu untuk menjadi “Fundraiser & Supporter” pada campaign galangan danamu di Ayobantu.

  • Tingkatkan Skill Komunikasimu

Penggalangan Dana

Tingkatan Skill Komunikasimu untuk Optimalkan Penggalangan Dana

Kemampuan komunikasi juga menjadi salah satu hal yang penting untuk ditingkatkan agar penggalangan danamu berjalan dengan sukses. Untuk menarik banyak donatur diperlukan kemampuan komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik dapat meyakinkan para donatur untuk berdonasi di campaign penggalangan danamu.

Donasi berkaitan dengan uang, uang merupakan hal yang sangat sensitif untuk dibicarakan. Jangan sampai, kelemahan dalam berkomunikasi membuat donatur salah paham dan menaruh curiga terhadap niat baik yang akan kamu lakukan.

Tidak hanya pada komunikasi lisan saja, tetapi komunikasi tulisan juga harus ditingkatkan. Narasi campaign buatlah dengan kalimat yang cantik, padat, dan kaya akan informasi. Pada narasi campaignmu tulislah cerita mengenai mereka yang ingin kamu bantu, bagaimana kondisinya saat ini, dan bagaimana terbantunya mereka dengan donasi yang akan donatur berikan.

  • Suarakan Ajakan Penggalangan Danamu secara Rutin

Penggalangan Dana

Suarakan Ajakan Penggalangan Dana Secara Rutin

Postingan ajakan untuk berdonasi hendaknya dibagikan secara berulang-ulang dan harus dilakukan sesering mungkin. Rutin dalam menyampaikan ajakan berdonasi akan membuat orang-orang selalu ingat mengenai penggalangan dana yang kamu lakukan. Dengan begitu, mereka akan merasa penasaran dengan penggalangan dana yang kamu lakukan dan tidak menutup kemungkinan mereka menjadi donatur pada campaignmu.

Itulah trik untuk menyukses penggalangan donasi. Semoga dengan trik rahasia yang telah dibagikan dalam artikel ini, dapat meningkatkan jumlah donasi dan menarik hati para donatur terhadap campignmu ya.

Yuk Teman Peduli, selalu bersemangat dalam berbagi dengan sesama ya!

 Baca Juga: Tutorial Lengkap Pembuatan Akun Profil Galang Dana di Ayobantu.com