Hallo, Teman Peduli.

Hari Raya Idul Adha menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam, karena di momen ini semua orang bersuka cita saling berbagi. Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. 

Berkurban merupakan salah satu perintah yang dianjurkan oleh Allah SWT. Terdapat beragam manfaat berkurban bagi umat Muslim. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan di bawah ya!

Manfaat Berkurban

Bekurban

Manfaat Berkurban

  • Mendekatkan Diri Kepada Allah

Kurban berasal dari Bahasa Arab “Qariba” yang berarti mendekatkan atau dekat. Hal ini berarti, menyembelih hewan bertujuan untuk melakukan perintah Allah SWT, sekaligus mendekatkan diri kepada-Nya.

“Sesungguhnya Allah SWT hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa,” (Qs. Al-Maidah: 27).

  • Penebus Dosa

Sebagai penebus dosa merupakan salah satu manfaat lainnya. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut:

“Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya tetesan darahnya yang pertama itu adalah pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu.” (HR. Al-Bazaar dan Ibnu Hibban).

  • Ungkapan Rasa Syukur

Sebagai ungkapan rasa syukur yaitu manfaat berikutnya. Setiap rezeki lebih yang diberikan oleh Allah, hendaknya dibarengi dengan rasa syukur dalam bentuk berbagi kepada yang membutuhkan. 

Setiap rezeki yang kita peroleh, terdapat hak orang lain di dalamnya. Oleh karena itulah setiap umat Muslim dianjurkan untuk berkurban bagi yang mampu sebagai tanda bersyukur. 

“Sungguh, Kami telah memberimu telaga Kautsar, maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (Qs. Al-Kautsar: 1-2).

Baca Juga: Kamu Harus Tahu! Ini Hukum Qurban dalam Islam

  • Membersihkan Jiwa & Harta Benda

Membersihkan jiwa dan dan harta benda merupakan manfaat selanjutnya. Berkurban menjadi momen yang tepat untuk diambil oleh seorang Muslim untuk membersihkan jiwa dan harta benda yang dipunya. Momen ini diiibaratkan seperti mencuci semua rezeki yang dimiliki.

Hal ini bertujuan untuk terhindar dari penyakit hati seperti iri, dengki, tamak, dan pelit, serta mendapatkan keridhoan dari-Nya.

  • Memperoleh Keberkahan Hidup

Manfaat selanjutnya yaitu mendapatkan keberkahan hidup.Berkurban merupakan wujud dari rasa syukur atas kenikmatan yang diberikan oleh Allah. Ketika kita bersyukur, hidup akan menjadi lebih berkah dan kita akan terhindar dari berbagai penyakit hati, serta hidup pun akan terasa lebih mudah.

  • Memperkuat Silaturahmi

Agama Islam mengajarkan setiap umatnya untuk selalu menjalin dan menjaga silaturahmi. Ternyata berkurban menjadi momen yang bisa mempererat silaturahmi. Baik itu antara saudara, tetangga, dan masyarakat sekitar yang sehari-hari jarang bertemu karena kesibukan masing-masing.

Ketika penyembelihan hewan, hubungan antara pekurban dengan penerima daging sembelihan akan menjadi lebih erat. Sama halnya dengan masyarakat yang berkumpul bergotong royong bersama di tempat penyembelihan hewan tersebut.

  • Sebagai Bekal dan Penyelamat di Hari Akhir
Berkurban

Sebagai Bekal dan Penyelamat di Hari Akhir

Orang yang berkurban akan mendapatkan pahala dari Allah SWT, karena telah melaksanakan perintah-Nya dan berbagi kepada sesama. Mereka akan mendapatkan pertolongan di hari akhir atas kurban yang dilakukan.

Hewan sembelihan itu pun nantinya akan menjadi penyelamat bagi pekurban. Mereka yang ikhlas berkurban maka akan dibawa oleh hewan sembelihan tersebut masuk ke surga. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam riwayat hadits berikut:

“Tiada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada Hari Raya Kurban, yang lebih dicintai Allah selain daripada menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan kurban itu pada hari kiamat kelak akan datang beserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kamu semua dengan (pahala) kurban itu.” (HR. Al-Tarmuzi, Ibnu Majah, dan Al-Hakim).

Nah, itu lah beragam manfaat yang akan didapatkan ketika berkurban. Kamu ingin berkurban, tapi bingung ingin berkurban dimana?

Kini, Ayobantu bisa memfasilitasi siapa saja yang ingin bekurban dengan mudah. Tinggal pesan secara online dan hewan sembelihan darimu siap dibagikan kepada masyarakat di pelosok yang membutuhkan.

Ayobantu menyediakan pilihan hewan berkualitas dengan harga terjangkau. Hewan yang disediakan juga teruji bebas dari virus PMK dan prosesnya juga dilakukan oleh profesional sesuai syariat Islam.

Kamu akan mendapatkan laporan secara lengkap melalui email sebagai bentuk transparansi Ayobantu

Tunggu apalagi? Ibadah kurban cuma setahun sekali, jangan sia-siakan kesempatan ini.

Yuk, berkurban bersama Ayobantu, tak hanya membersihkan harta dan jiwa, serta mendapatkan banyak pahala, kamu juga berhasil membuat saudara kita yang kurang beruntung berbahagia di hari raya Idul Adha!

Baca Juga: Cara Qurban Mudah di Ayobantu.com!