Menyukseskan penggalangan dana tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kesalahan dalam mengatur strategi dan perancangannya, akan berdampak terhadap sedikitnya donatur yang melirik donasi yang akan kita galang. Kesalahan-kesalahan ini pada akhirnya juga akan berdampak terhadap jumlah donasi. Kesuksesan penggalangan dana bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi. Ada banyak campaign galang dana yang sukses didanai lewat Ayobantu dengan berbagai cara optimasi galang dana. Keberhasilan galang dana tergantung pada orang yang melakukan penggalangan dana tersebut dan Ayobantu hanya berperan sebagai penyedia wadah untuk melakukannya saja.

Dalam artikel ini, Kami akan membahas 4 cara optimasi penggalangan dana yang efektif di Ayobantu.com.

1. Optimasi Campaign Melalui Link Referral

Link referral adalah fitur yang sangat berguna untuk meningkatkan visibilitas galang dana Anda di Ayobantu.com. Dengan memberikan link referral kepada teman, keluarga, atau pendukung potensial, Anda dapat mengundang mereka untuk berpartisipasi dalam galang dana Anda. Ketika mereka menggunakan link referral Anda saat berdonasi atau membagikan galang dana Anda, Anda dapat memperoleh komisi atau yang disebut dengan saldo peduli.

Cara melakukan optimasi campaign melalui link referral yaitu:

  • Aktif dalam membagikan link referral secara aktif kepada orang-orang di lingkungan Anda atau melalui media sosial Anda.
  • Pantau penggunaan link referral Anda dan berikan terima kasih kepada pendukung Anda secara pribadi.

Baca Juga: Panduan Link Referral Ayobantu.com 

2. Optimasi Campaign Melalui Corporate Social Responsibility (CSR)

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah cara yang efektif untuk mengoptimalkan campaign galang dana Anda di Ayobantu.com. Banyak perusahaan tertarik untuk berkontribusi pada inisiatif sosial yang baik. Anda dapat mengajak perusahaan-perusahaan ini untuk bermitra dalam galang dana Anda atau bahkan untuk mendanai galang dana Anda secara langsung. 

Bagaimana cara melakukannya?

  • Identifikasi perusahaan yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan galang dana Anda.
  • Hubungi perusahaan-perusahaan tersebut dan ajukan proposal kemitraan yang saling menguntungkan.
  • Berikan laporan dan transparansi yang jelas mengenai penggunaan dana yang mereka donasikan.

Namun, ada kalanya Ayobantu.com memilih campaign galang dana yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Galangan dana Anda akan terpilih menjadi salah satu penerima manfaat perusahaan, jika:

  • Narasi dan dokumentasi campaign sesuai dengan ketentuan di Ayobantu.com
  • Berikan laporan dan transparansi yang jelas mengenai penggunaan dana yang mereka donasikan.

3. Optimasi Campaign Melalui Charity Event

Mengadakan charity event atau acara amal adalah cara lain untuk mengumpulkan dana tambahan dan meningkatkan kesadaran tentang campaign Anda. Event seperti konser, bazaar, atau lari amal dapat menginspirasi orang untuk berpartisipasi dan berdonasi.

Selain itu, Ayobantu.com juga memfasilitasi fitur penjualan tiket event yang dimana harga tiket sudah termasuk dengan berdonasi.

Bagaimana melakukannya:

  • Rencanakan dan promosikan charity event Anda dengan baik
  • Berkolaborasi dengan Ayobantu.com guna menyukseskan galang dana Anda
  • Pastikan untuk memberikan penghargaan kepada peserta dan berdonasi dengan cara yang kreatif.

4. Optimasi Campaign Melalui Ads Galangan Dana

Publikasi Ads Galangan dana adalah salah satu alat untuk membuat penggalangan dana sukses dengan menyebarluaskan halaman galang dana melalui media sosial berbayar yang mencakup Iklan Facebook dan Instagram.

Bagaimana Cara Publikasi Ads Galangan Dana?

  1. Mitra Peduli melakukan Top Up iklan minimal Rp 5.000.000,- untuk periode 3 (tiga) bulan;
  2. Anda harus memastikan pada galang dana Anda memiliki cerita yang informatif dan inspiratif
  3. Memiliki visual minimal 5 (lima) foto dengan kualitas resolusi yang baik dan dari angle yang berbeda pada gambar campaign

Perlu diketahui bahwa: 

  1. Tidak semua halaman galang dana yang diajukan oleh Penggalang Dana akan dipilih untuk dipromosikan. Tim Ayobantu akan memilih halaman galang dana yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang menjadi standar Ayobantu dalam promosi halaman galang dana.
  2. Ayobantu tidak mengambil keuntungan apapun dari biaya publikasi ini. Seluruh biaya publikasi.Tim Ayobantu akan mengirimkan bukti tagihan resmi dari Facebook sebagai bentuk transparansi. 

Untuk lebih lanjut mengenai optimasi Ads Galangan Dana, silahkan menghubungi kontak di bawah ini untuk dijelaskan secara lebih lengkap oleh tim Ayobantu:

E-mail: [email protected] atau WhatsApp Partnership Ayobantu: +62 812-8106-9587  

Itulah cara optimasi untuk menyukses penggalangan donasi. Semoga dengan menggunakan salah satu cara optimasi yang telah dibagikan dalam artikel ini, dapat meningkatkan jumlah donasi dan menarik hati para donatur terhadap campignmu ya.

Teman Peduli, tetap penuh semangat dalam membantu dan berbagi dengan sesama ya!

Baca Juga: Ini Dia Serba-Serbi Hari Jantung Sedunia, Diperingati Setiap Tanggal 29 September