Jakarta, 10 Februari 2023 – Sebagai negara agraris, sistem pertanian hidroponik bukan lah hal baru. Berdasarkan beberapa referensi, permintaan pasar akan sayuran hidroponik meningkat sekitar 20 persen setiap tahunnya, seiring bertumbuhnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat. Tidak hanya potensinya yang tinggi, hidroponik bisa menjadi upaya menjaga kelestarian alam dan lingkungan, karena dapat menjadi solusi dalam meminimalisir efek pemanasan global.

CSR Indodax

CEO Indodax Oscar Darmawan (Kedua dari Kiri) bersama dengan CEO Ayobantu Agnes Yuliavitriani (paling kanan) dan anggota Wanita Tani Ratujaya Depok dalam kegiatan Kasih Indodax Bagi Negeri: Kebun Hidroponik Indodax

Oleh karena itu, dalam rangka menyambut hari jadi yang ke-9, Indodax melakukan budidaya pertanian hidroponik ke lingkungan rusunawa, sebagai langkah aktif dalam mengurangi dampak pemanasan global. Selain itu, melalui program bertajuk “Kasih Indodax Bagi Negeri: Kebun Hidroponik Indodax” yang berlangsung di Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, juga memiliki tujuan agar para penghuni rusun mendapatkan penghasilan tambahan dari pembudidayaan tanaman hidroponik ini. 

Kebun hidroponik tak hanya sekedar opsi bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan yang terbatas dan dapat membantu mengurangi efek pemanasan global saja. Kebun hidroponik juga menjadi salah satu upaya dalam membantu ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Hadirnya kebun hidroponik dapat menjamin setiap keluarga untuk memiliki sumber pangan yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Masyarakat juga dapat hidup lebih sehat, karena sumber pangan yang dihasilkan memiliki kualitas yang terjamin sebab diproduksi sendiri. 

Tak hanya itu, adanya kebun hidroponik juga dapat memberikan peluang bagi masyarakat dalam mendapatkan keuntungan dari aspek ekonomi, karena sayuran hasil dari kebun hidroponik dapat diperjualbelikan.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, “CSR Indodax kali ini kami lakukan dalam rangka menyambut hari jadi Indodax yang ke 9. Kami memilih CSR di bidang lingkungan yang merupakan program di mana kita mengoptimalisasi lahan kosong agar menjadi kebun hijau produktif yang membudidayakan sayuran dan buah. Program ini menciptakan kemandirian dalam hal finansial, untuk warga rusun dengan menggunakan kegiatan kewirausahaan yang berlandaskan pada pengembangan potensi setiap daerah dan personal pemetik manfaat.”

Untuk implementasinya, Indodax bekerja sama dengan Ayobantu, platform donasi online yang telah dipercaya menjadi eksekutor dari program CSR Indodax sejak dua tahun lalu. 

“Kami sangat bangga dapat memfasilitasi program penanaman sayuran hidroponik yang dilakukan oleh Indodax untuk warga rusunawa Ratu Jaya, Cipayung. Kami senang dapat bekerjasama dengan #BrandPeduli yang memiliki kepedulian untuk melestarikan lingkungan.” ujar CEO Ayobantu Agnes Yuliavitriani.

“Dengan Instalasi yang kami sediakan lengkap dengan program pendampingan penanaman sayuran hidroponik, saya harap warga rusun dapat memanfaatkan kebun hidroponik ini sebagaimana mestinya. Praktek hidroponik membuktikan bahwa tanaman dapat dibudidayakan tanpa membutuhkan tanah. Tentu ini adalah solusi yang baik untuk memaksimalkan lahan sempit menjadi suatu hal yang bermanfaat,” tutup Oscar Darmawan.

 Baca Juga: Bantu Hadapi Resesi, Indodax dan Ayobantu Salurkan Bantuan Modal untuk UMKM