Halo, Teman Peduli.

Teman Peduli pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah healing. Istilah serapan dari bahasa Inggris ini kerap kali sering digunakan oleh banyak orang, baik itu di media sosial ataupun di dunia nyata. Istilah healing ini sekarang menjelma menjadi sebuah bahasa gaul di kalangan anak muda Indonesia.

Istilah serapan dari salah satu bahasa asing ini biasanya dipakai oleh anak muda di media sosial. Penggunaan istilah ini dengan cepat merebak ke dunia nyata, karena sangat sering dipakai di media sosial. 

Supaya Teman Peduli tidak kebingungan dalam memahami istilah healing ini apa dan bagaimana cara melakukannya, simak ulasan di bawah ini ya!

Apa itu Healing?

Healing

Apa itu Healing?

Kata healing sering digunakan dalam bahasa pergaulan hingga menjadi tren tersendiri. Dari sisi psikologi, healing memiliki arti yang mendalam, tidak hanya sekedar jalan-jalan refreshing mencari udara segar saja.

Dalam bahasa gaul, healing berarti penyembuhan diri atau pengobatan. Maksud penyembuhan dalam istilah ini berkaitan dengan banyak hal, terutama berkaitan dengan kesehatan mental seseorang. Penyembuhan ini memiliki keterkaitan dengan penyembuhan secara psikologis yakni jiwa, perasaan, batin, dan pikiran. 

Maknanya juga bisa merujuk kepada penyembuhan diri yang disebabkan karena beberapa hal atau peristiwa kelam di masa lalu. Makna istilahnya juga sering dikaitkan dengan proses penyembuhan diri yang bertujuan untuk mendapatkan ketenangan batin dan jiwa. Di media sosial, penggunaan istilah ini kerap dihubungkan dengan menenangkan diri dan pergi ke sebuah tempat yang disukai, yang bertujuan untuk menyembuhkan luka batin.

Arti kata healing juga bisa diartikan ketika seseorang merasakan perasaan sedih, kecewa, emosi, terpuruk, khawatir, cemas, tidak bersemangat, dan lain-lain. Semua hal yang dirasakan tersebut membuatmu ingin melakukan healing, untuk beristirahat dan menenangkan diri dari masalah-masalah yang memusingkan tersebut.

Baca Juga: 7 Mitigasi Gempa Saat Berada di Gedung Tinggi

Cara Melakukan Healing

Setiap orang memiliki cara dan metode yang berbeda untuk menyembuhkan diri dari rasa sakit atau luka batin. Cara melakukan healing tidak hany pergi ke sebuah tempat yang disukai dan menyepi saja. Tapi, masih ada banyak cara lainnya yang bisa Teman Peduli lakukan untuk menyembuhkan diri alias healing. 

Berikut beberapa caranya:

  • Menerima Diri

Healing

Menerima Diri

Salah satu cara untuk healing yaitu menerima atau berdamai dengan diri sendiri. Maksud berdamai di sini yaitu tidak menyalahkan diri sendiri dan bersikap legowo atas sesuatu yang menimpa di masa lalu. Sikap ini tentunya bisa memberikan sedikit ketenangan hati dan jiwa.

Cara berdamai dengan diri sendiri yaitu berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan dan berjanji untuk tidak mengulanginya, serta fokus dengan masa depan.

  • Mengerti Perasaan Sendiri

Mengerti atau memahami diri sendiri merupakan hal utama yang bisa Teman Peduli lakukan untuk memulai penyembuhan luka diri. Pahami apa yang sebenarnya Teman Peduli inginkan dan jujur kepada diri sendiri merupakan cara termudah dan sederhana untuk memulai proses healing.

  • Manjakan Diri dengan Lakukan Me-Time

Healing

Manjakan Diri dengan Lakukan Me-Time

Terkadang Teman Peduli membutuhkan waktu sendiri untuk memperoleh ketenangan batin. Cara ini bisa membantu untuk meredakan rasa cemas, khawatir, sedih, ataupun takut. Lakukan sesuatu yang disuka dan fokus kepada diri sendiri tanpa memikirkan orang lain.

Cara ini akan membantumu mendapatkan rasa bahagia mengikuti kata hatimu ingin melakukan apa saja dan kemana saja tanpa harus mendengarkan pendapat orang lain.

  • Berbagi dan Memberi

Healing

Berbagi dan Memberi

Berbagi dan memberi merupakan salah satu cara yang bisa Teman Peduli lakukan untuk menghibur diri atau menyembuhkan luka diri. Ketika orang lain merasakan bahagia ketika kita memberikan sesuatu kepadanya, kita juga bisa merasakan kebahagiaan tersebut. Berbagi merupakan bentuk amalan yang membuat kita akan jauh lebih bermakna.

Untuk memudahkanmu melakukan penyembuhan diri atau healing dengan metode berbagi dan memberi ini, Teman Peduli bisa berdonasi dengan aman dan mudah di ayobantu.com. Di ayobantu.com, Teman Peduli bisa memilih di kategori apa Teman Peduli ingin berbagi, mulai dari kategori pendidikan, sosial, kerohanian, lingkungan, dan lain-lain. 

Ayobantu.com merupakan salah satu platform donasi online di Indonesia yang sudah mengantongi izin dari Kemensos RI, jadi Teman Peduli tidak perlu takut donasi tersebut akan disalahgunakan.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Mental, Bukti Cinta pada Diri Sendiri