Hallo Teman Peduli, 

Sebentar lagi umat Islam akan menyambut datangnya hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. Hari raya Idul Fitri disebut juga dengan hari suci, di mana setiap umat Islam seperti bayi yang baru lahir dan bersih dari segala dosa-dosa. Hari raya ini disebut juga dengan hari kemenangan karena berhasilnya umat Islam menjalankan ibadah Ramadhan selama sebulan penuh.

Pada saat merayakan hari kemenangan, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan shalat Idul Fitri, karena merupakan salah satu ibadah sunnah yang selalu dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. Ibadah sunnah ini kemudian menjadi kebiasaan hingga diikuti oleh para sahabat dan pengikut Rasulullah.

Ternyata sebelum melakukan ibadah shalat Idul Fitri, ada amalan yang bisa mendatangkan pahala apabila dilakukan. Apa saja amalan sunnah yang bisa dilakukan tersebut? Simak penjelasan di bawah ya!

Baca Juga: The Crank Sisters, 9 Srikandi Penyelamat Pendidikan Anak Bangsa Lewat Bersepeda

Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Fitri

  • Memperbanyak Mengucap Takbir
Idul Fitri

Memperbanyak Mengucap Takbir

Amalan sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah yaitu mengucap takbir. Takbir diucapkan oleh Rasulullah dari malam hari sebelum tiba Idul Fitri atau di malam terakhir bulan Ramadhan. Malam ini disebut juga dengan malam takbiran. Di tanah air, masyarakat akan melakukan takbiran di masjid atau mushalla sekitar dan juga ada takbir yang dilakukan secara berkeliling.

  • Mandi 
Idul Fitri

Mandi

Rasulullah SAW juga melakukan mandi sebelum shalat Idul Fitri. Kebiasaan ini dijelaskan dalam sebuah hadits yaitu: “Dan dari Amdullah bin Abbas Radhiyallahu Anhuma, ia berkata, ‘Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha’.” (HR. Ibnu Majah)

  • Mengenakan Pakaian Terbaik
Idul Fitri

Mengenakan Pakaian Terbaik

Sebelum shalat Idul Fitri umat Islam dianjurkan untuk memakai pakaian yang terbaik. Hal ini dimaksudkan karena perayaannya hanya dilakukan setahun sekali. Oleh karena itu, masyarakat disunnahkan untuk menggunakan pakaian terbaik yang dipunya untuk merayakan hari kemenangan. Pakaian terbaik yang dimaksud bukan berarti harus menggunakan pakain baru.

  • Makan 
Idul Fitri

Makan

Rasulullah SAW selalu menyempatkan diri untuk makan sebelum shalat hari raya. Selain mengikuti kebiasaan Nabi, makan sebelum berangkat shalat juga baik untuk tubuh agar bisa melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri dengan khusyuk.

  • Saling Memberi Selamat
Idul Fitri

Saling Memberi Selamat

Memberikan ucapan selamat kepada sanak saudara dan orang-orang di sekitar sebelum shalat lebaran sangat dianjurkan. Ucapan selamat yang digunakan yaitu “Taqabbalallahu minna wa minkum”.

  • Menempuh Jalan Berbeda ketika Berangkat dan Pulang
Idul Fitri

Menempuh Jalan Berbeda ketika Berangkat dan Pulang

Apabila melakukan shalatnya di masjid, tempuhlah jalur jalan yang berbeda pada saat pulang dan pergi. Menempuh jalan yang berbeda ini tujuannya agar kita lebih banyak menebar kebahagiaan dengan orang lain, karena kita akan menemukan banyak orang.

Hal ini juga disebutkan dalam sebuah hadits yang artinya: “Nabi SAW ketika hari raya mengambil jalan yang berbeda (antara pergi dan pulangnya)” (HR. Bukhari)

  • Menggunakan Wewangian
Idul Fitri

Menggunakan Wewangian

Memakai wewangian merupakan salah satu amalan yang disunnahkan untuk dilakukan, karena pada hari raya Idul Fitri kita akan bertemu banyak orang. Agar orang yang kita temui merasa nyaman, pakailah wewangian.

  • Bersedekah
Idul Fitri

Bersedekah

Agama Islam menganjurkan kepada umatnya untuk saling berbagi kepada sesama. Karena hal tersebut bisa meringankan penderitaan dan menyelipkan perasaan bahagia ke dalam hati saudara yang membutuhkan.

Sedekah yang dilakukan selain bernilai pahala, sedekah juga merupakan wujud kesalehan sosial dan menjadi pelindung dari marabahaya, serta dengan sedekah umur kita akan dipanjangkan dengan artian hidup akan dipenuhi dengan keberkahan.

Sebagaimana dengan sabda Nabi Muhammad SAW: “Sedekah itu menolak bala dan memanjangkan umur.” Hikmah yang bisa didapat dari sedekah adalah membesarkan hati kaum muslimin serta memberikan kegembiraan pada mereka sebagai dorongan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Teman Peduli bisa bersedekah sebelum shalat Idul Fitri melalui platform donasi online Ayobantu. Kamu bisa memilih campaign yang mana sedekah kamu ingin diberikan. Kamu tidak perlu takut sedekah yang kamu berikan akan disalahgunakan, sebab Ayobantu sudah mengantongi izin resmi dari Kementrian Sosial Republik Indonesia.

Hingga kini total donasi yang berhasil terkumpul melalui Ayobantu lebih dari Rp 7 Miliar dengan total 46 ribu lebih Teman Peduli yang sudah ikut membantu.

Ayo berdonasi di Ayobantu sekarang juga!

Satu donasi darimu, satu harapan bagi mereka yang membutuhkan.

Baca Juga: Selama 2022, Ayobantu Berhasil Memfasilitasi Berbagai Pihak untuk Merajut Jutaan Tangan Kebaikan