Hadir sebagai salah satu platform galang dana dan berdonasi secara online yang terpercaya di Indonesia dan telah berhasil memfasilitasi banyak pihak dalam melakukan kebaikan di tahun 2022, Ayobantu yakin “kepercayaan” dari banyak pihak merupakan salah satu kunci besarnya. Memulai perjalanan saling membantu dan peduli di tengah situasi pandemi 2020 untuk membantu masyarakat yang terdampak badai Covid-19, di tahun ini Ayobantu berhasil tumbuh dalam setiap aksi berbagi dan peduli.

Kepercayaan yang telah diberikan oleh para #TemanPeduli dan kolaborasi dalam setiap aksi kebaikan bersama #MitraPeduli, merupakan faktor terbesar atas kesuksesan di berbagai pencapaian Ayobantu. Di tahun 2022 ini, lebih dari 300 #MitraPeduli dan #BrandPeduli telah terlibat dalam seluruh rangkaian kolaborasi kebaikan untuk Indonesia yang lebih baik.

Di sepanjang tahun 2022, Ayobantu terus melakukan inovasi untuk memberikan layanan platform kebaikan yang memberikan kemudahan kepada masyarakat, komunitas, yayasan, dan perusahaan untuk melakukan penggalangan dana dan berdonasi online dengan aman, transparan, serta bisa dipertanggungjawabkan. Inovasi ini sukses mendanai, membantu, dan meringankan beban 16 ribu lebih penerima manfaat, di 345 campaign galang dana di Ayobantu yang tersebar di 27 provinsi dan 79 kota di Indonesia. Tak hanya membantu sesama saja, membantu makhluk hidup lain dan membantu perbaikan infrastruktur juga telah dijembatani oleh Ayobantu.

Aksi gotong royong #TemanPeduli dalam membantu sesama, tercatat di tahun ini mengalami pertumbuhan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Total donasi yang terkumpul di tahun 2022 yaitu sebanyak Rp 3 miliar, yang tersebar di berbagai kategori campaign galang dana.

Pertumbuhan jumlah donasi tersebut didukung oleh kenaikan total traffic donasi sebesar 150%, dengan jumlah total transaksi donasi lebih dari 22 ribu pada 345 campaign galang dana di Ayobantu.

Untuk memperbesar dampak di setiap aksi kebaikan yang dilakukan, Ayobantu menggandeng lebih dari 130 #MitraPeduli untuk berkolaborasi dalam implementasi program. Jumlah #MitraPeduli Ayobantu di tahun 2022 juga mengalami peningkatan sebesar 7% dari tahun sebelumnya dan telah tersebar lebih dari 18 provinsi di Indonesia.

Tahun 2022 ini juga menjadi tahun berbagi komunitas dan yayasan dalam rangka melakukan galang dana yang dikemas dengan berbagai cara kreatif. Banyak cara yang dilakukan oleh #TemanPeduli untuk menyukseskan penggalangan dana di Ayobantu. Salah satunya yaitu melalui event olahraga lari. Seperti event Satu Kata Peduli 2 yang melakukan galang dana untuk masa depan anak bangsa, event Misi Lestari 2022 untuk membantu lestarikan laut Indonesia, event Westlake Ultra 2022 untuk membantu pelayanan sosial ODGJ, dan masih banyak event untuk kebaikan lainnya. Selama tahun 2022 ini, telah terkumpul lebih dari Rp 1,2 miliar dana donasi, dari 5438 donatur, dan 444 fundraiser dalam campaign galang dana melalui event olahraga lari.

Tak hanya melalui event olahraga lari, galang dana juga dikemas secara kreatif melalui event sepeda. Tak hanya kesehatan dan kebugaran yang bisa dicapai, aksi kebaikan dan membantu sesama juga bisa sekaligus terlaksana. Aksi kebaikan melalui event sepeda ini dilakukan secara online dan offline. Galang dana yang dilakukan melalui event bersepeda, berhasil mengumpulkan 40 lebih fundraiser, lebih dari Rp 462 juta donasi yang terkumpul dengan lebih dari 1000 #TemanPeduli yang bergabung.

Berdasarkan data yang ditemukan, di sepanjang tahun 2022 dari total keseluruhan #TemanPeduli yaitu lebih dari 13.500, sebanyak 12.500 nya berasal dari media sosial Instagram dan Facebook. Di Ayobantu sendiri untuk memudahkan para donatur melakukan donasi, disediakan fitur pembayaran dengan menggunakan berbagai dompet digital. Go-pay menjadi metode donasi yang paling digandrungi oleh #TemanPeduli, yaitu sebanyak 40,5% #TemanPeduli menggunakannya sebagai metode pembayaran donasi.

Di tahun ini Ayobantu juga telah memfasilitasi berbagai aksi kebaikan dari berbagai sektor, mulai dari keluarga dan teman, komunitas dan yayasan, tokoh publik, dan perusahaan. Di tahun ini Ayobantu juga telah berhasil membantu lebih dari 10 #BrandPeduli dalam mengembangkan dan mengimplementasikan lebih dari 15 program dan inisiatif sosial yang memiliki dampak luas untuk masyarakat. Total bantuan program CSR dari #BrandPeduli sepanjang tahun 2022 ini yaitu senilai lebih dari Rp 721 juta yang sudah digunakan untuk membantu sesama.

Di tahun 2023 ke depannya, Ayobantu akan optimis untuk terus memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia melalui sebuah layanan penggalangan dana dan berdonasi secara online. Ayobantu siap menjadi jembatan dan perpanjangan tangan banyak pihak untuk melakukan banyak aksi kebaikan lainnya.