Menabung sebenarnya adalah sebuah konsep yang sangat sederhana. Anda cukup menyisihkan uang secara bertahap dengan disiplin. Dengan cara ini, jumlah uang yang dikumpulkan akan tercapai dalam waktu yang sudah direncanakan.

Sayangnya, praktik menabung ternyata tidak semudah itu. Ada yang sudah mulai menabung, ternyata jadi enggan karena merasa tidak punya tujuan. Ada yang sudah punya tabungan cukup besar, tapi tergoda menghabiskannya untuk sesuatu yang sebenarnya tidak perlu. Ada yang sudah punya rencana untuk menabung, tapi tidak pernah memulainya sama sekali.

Lalu, bagaimana tips menabung yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja? Simak beberapa cara berikut ini!

Buat Budgeting untuk Semua Pengeluaran

Tips Menabung

Buat Budgeting untuk Semua Pengeluaran

Agar Anda tidak mengeluarkan uang secara berlebihan dan menuruti semua keinginan, Anda harus membuat budgeting atau anggaran untuk setuap kebutuhan. Meskipun sudah memiliki anggaran, bukan berarti Anda harus mengorbankan keinginan untuk bersenang-senang. Karena itu, pastikan Anda mengalokasikan dana secara ideal untuk semua kebutuhan termasuk hiburan.

Kunci penting dalam tips menabung yang pertama ini adalah bagaimana Anda menaati anggaran yang sudah dibuat. Jangan sampai besaran uang yang Anda keluarkan di akhir bulan lebih dari yang sudah direncanakan.

Jangan Pernah Menunda untuk Menabung

Tips Menabung

Jangan Pernah Menunda untuk Menabung

Tips menabung berikutnya yang sering diabaikan oleh banyak orang adalah melakukannya sesegera mungkin. Karena itu, alih-alih menunggu sampai ada sisa uang belanja di akhir bulan, sisihkan uang di awal bulan untuk kebutuhan tabungan dan investasi. Semakin cepat Anda memulai, semakin besar jumlah yang bisa Anda kumpulkan hingga Anda mencapai usia pensiun nanti.

Jika Anda memilih untuk investasi, keuntungan yang Anda peroleh bahkan bisa lebih banyak lagi. Pasalnya, investasi akan memberikan Anda keuntungan baik berupa dividen (pada saham), bunga (pada deposito) atau margin (pada keuntungan penjualan saham atau properti). Ini tentu akan menambah jumlah uang yang Anda miliki. Hanya saja, investasi harus dipilih dengan bijak jika Anda ingin hasilnya maksimal.

Buat Tujuan yang Jelas 

Tips Menabung

Buat Tujuan yang Jelas

Tips menabung berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah tujuan. Banyak orang yang mengaku sulit menabung karena merasa tidak punya tujuan. Mereka tidak punya motivasi dan pada akhirnya memilih untuk tidak menabung sama sekali.

Padahal, ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan di masa depan. Selain menabung untuk masa pensiun atau tujuan yang sifatnya darurat, Anda juga perlu menabung untuk membeli berbagai kebutuhan bahkan memenuhi keinginan Anda.

Sebut saja menabung untuk membeli rumah, menabung untuk membeli kendaraan hingga menabung untuk pergi berlibur ke luar negeri. Ketika Anda sudah punya tujuan, Anda akan lebih termotivasi dan disiplin dalam menabung. Tak hanya itu, Anda juga akan berpikir ulang ketika mengeluarkan uang.

Bandingkan Harga Sebelum Membeli Sesuatu

Tips Menabung

Bandingkan Harga Sebelum Membeli Sesuatu

Ketika Anda akan membeli sesuatu baik itu pakaian, makanan, keperluan kantor dan lain sebagainya, jangan lupa untuk membandingkan harga. Satu toko dengan toko lainnya bisa menawarkan harga yang cukup besar. Meskipun butuh waktu dan kesabaran ekstra, namun ketika Anda bisa berhemat dengan membeli barang dari toko yang lebih murah, bukankah itu akan terasa lebih menyenangkan?

Pelajari Beragam Teknik DIY

Tips Menabung

Pelajari Beragam Tekni DIY

Internet adalah tempat Anda bisa menemukan dan belajar banyak hal. Ada beragam teknik DIY (Do It Yourself) yang dapat Anda pelajari untuk menghemat pengeluaran. Misalnya saja, Anda bisa belajar mengganti sendiri ritsleting celana sendiri alih-alih membawanya ke tukang jahit. Atau mengecat dinding rumah dan memasang wallpaper dinding sendiri. Penghematan-penghematan kecil semacam ini tentu akan memudahkan Anda dalam menambah pundi-pundi tabungan.

Gunakan Cara Menabung yang Kreatif

Tips Menabung

Gunakan Cara Menabung yang Kreatif

Selain dengan teknik autodebit rekening yang membuat Anda disiplin dalam menyisihkan uang, ada banyak sekali tips menabung untuk ibu rumah tangga, anak kos dan kaum pekerja yang kreatif dan boleh ditiru. Beberapa contoh cara menabung kreatif antara lain adalah:

  • Menabung pecahan uang tertentu. Cara ini sangat sederhana dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu memilih satu pecahan uang –misalnya Rp20.000 dan menabungnya setiap kali Anda menemukan uang dengan pecahan yang sama di dalam dompet. Sudah banyak orang yang berhasil membuktikan kehebatan menabung dengan cara ini
  • Menabung berdasarkan tanggal di kalender. Bagaimana cara menerapkan tips menabung ini? Cukup siapkan uang sesuai dengan tanggal. Misalnya di tanggal 1, Anda harus menabung Rp1.000, di tanggal 2 Anda menabung Rp2.000 dan seterusnya. Dalam waktu sebulan, Anda sudah bisa mengumpulkan uang tabungan senilai Rp465.000 – Rp496.000 dengan cara ini.

Selain menggunakan beragam tips menabung, jangan lupa juga untuk selalu berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan di sekeliling Anda. Ayobantu sebagai platform crowdfunding siap menampung tabungan kebaikan Anda untuk beragam kampanye sosial dan kemanusiaan.

Baca Juga: Tips Minum Air Putih dan Manfaatnya untuk Kesehatan