Hallo, Teman Peduli

Tahukah kamu kalau hari ini diperingati sebagai hari air sedunia? Air sangat berjasa dan menjadi sumber kehidupan makhluk hidup. Air merupakan salah satu elemen utama di bumi yang tidak bisa dipisahkan dari aspek kehidupan.

Bagi manusia, air memiliki fungsi untuk mengisi cairan tubuh yang hilang dengan cara meminumnya. Selain untuk mengisi ulang cairan tubuh dan melepas dahaga, air juga memiliki manfaat untuk menunjang kehidupan. Di kehidupan sehari-hari kita harus menggunakan air bersih sebagai salah satu bentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Menjaga Kebersihan Air. (Dok. Elements Envato)

Kualitas air dapat mempengaruhi kesehatan dan kehidupan, menggunakan kualitas air yang baik dapat membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kualitas air yang buruk.  Dengan menggunakan air bersih, kita akan terhindar dari diare, disentri, kolera, keracunan, dan lainnya. Oleh karena itu lah, wajib untuk menggunakan air bersih dan penting untuk menjaga kualitas air agar tetap aman dikonsumsi oleh tubuh.

Baca Juga: Angkat Beban Ibu Aminah, Single Parent Tumpuan Gadis Hidrosefalus

Cara untuk menjaga kebersihan air:

  • Mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya

Mengurangi penggunaan bahan kimia merupakan cara yang tepat untuk menjaga kebersihan air. Bahan kimia yang sudah terlarut ke dalam air bisa menghancurkan sistem. Seperti merusak alga yang merupakan makanan plankton.

  • Tidak membuang sampah dan limbah ke perairan

Sampah dan limbah yang dibuang ke laut atau sungai akan membuat kualitas air menjadi terganggu. Sampah dan limbah akan membuat air menjadi tercemar.

  • Menggunakan sistem sanitasi yang baik

Penggunaan sanitasi yang baik dapat mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kebersihan air. Pastikan sanitasi seperti toilet, septictank, dan saluran air yang ada di sekitar tidak tersumbat dan lancar.

  • Menghemat penggunaan air

Menghemat penggunaan air akan menjaga pasokan air bersih. Menggunakan air dalam kehidupan sehari-hari pastikan untuk menghemat pemakaiannya dan jangan lupa matikan keran air setelah digunakan.

  • Melakukan pengujian kualitas air secara berkala

Pengujian kualitas air secara berkala dilakukan untuk memastikan air yang digunakan bebas dan aman dari kuman atau bahan kimia berbahaya.

Pengelolaan sumber air dan menjaganya merupakan tanggung jawab semua pihak, karena air sangat rentan untuk tercemar. Ditambah kian hari jumlah penduduk bumi makin bertambah diikuti dengan tingkat bertambahnya konsumsi air, sedangkan tingkat pencemaran air pun pasti akan meningkat. Pencemaran air yang tinggi akan membuat pasokan air bersih bersih menjadi menipis, sehingga akan menimbulkan krisis perolehan air.

Seperti halnya yang terjadi di Desa Amakaka, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Warga di sana sedang mengalami krisis air bersih, karena wilayah yang mereka tempati cukup gersang dan rentan kekeringan. Setiap harinya warga harus berjalan sejauh 1 KM ke penampungan air untuk mendapatkan air bersih guna memenuhi kebutuhan mandi serta mencuci.

Air yang mereka ambil di penampungan juga merupakan air payau yang tidak bisa dikonsumsi. Untuk dikonsumsi warga harus membeli air bersih untuk minum dan memasak dengan harga yang mahal.

Bagi #TemanPeduli yang ingin membantu warga di Desa Amakaka untuk mendapatkan air bersih dengan mudah dapat berdonasi melalui website resmi Ayobantu atau bisa klik di sini. Ayobantu merupakan sebuah platform donasi online yang sudah mengantongi izin dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Baca Juga: Usap Pilu Evan, Bocah Penderita Kanker Limfoma