Halo, Teman Peduli.

Rasa peduli lingkungan harus ditanamkan sedari dini. Menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan dan membiasakan diri melakukan hal-hal yang ramah, serta baik untuk lingkungan, bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan usaha yang keras agar menjadi sebuah kebiasaan, sehingga berhasil menanamkan pemikiran betapa pentingnya menjaga lingkungan.

Pada saat sekarang ini, masih banyak individu yang memiliki tingkat rasa peduli lingkungan yang rendah. Banyak di antara mereka yang hanya memikirkan diri sendiri, tanpa memikirkan masa depan bumi bagaimana nantinya. Padahal lingkungan sekitar harus dijaga sebagai aset warisan untuk anak cucu nantinya.

Oleh karena itulah, pentingnya menanamkan rasa peduli tersebut sedari dini pada diri sendiri. Untuk menanamkan sikap peduli lingkungan pada diri sendiri, dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Simak penjelasan lengkapnya ya Teman Peduli!

Baca Juga: Odesa Indonesia, Dukung Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan untuk Mandiri

Apa Itu Peduli Lingkungan?

Kiat Peduli Lingkungan

Kiat Peduli Lingkungan

Peduli lingkungan yaitu sikap atau tindakan yang senantiasa dan selalu berupaya untuk mencegah kerusakan pada lingkungan alam sekitar. Dan juga, mengembangkan upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terlanjur terjadi.

Peduli lingkungan juga dapat diartikan sebagai suatu perasaan yang dimiliki oleh seseorang, untuk memperbaiki dan mengelola lingkungan secara benar dan bermanfaat.

Apabila setiap individu dapat menerapkan sikap peduli terhadap lingkungan, maka kegiatan dalam menikmati lingkungan dapat dilakukan oleh generasi berikutnya. Tentunya, kepedulian terhadap lingkungan akan memberikan manfaat yang berkesinambungan.

Baca Juga: 6 Cara Melindungi Orang Utan dari Kepunahan, dari Go Green hingga Galang Dana

Cara Menanamkan Rasa Peduli Lingkungan Pada Diri Sendiri

Reuse, Reduce, Recycle Merupakan Salah Satu Bentuk Peduli Lingkungan

Reuse, Reduce, Recycle Merupakan Salah Satu Bentuk Peduli Lingkungan

Untuk menciptakan rasa peduli terhadap lingkungan pada diri, dapat dilakukan dengan mulai membiasakan diri melakukan kebiasaan yang baik di rumah. Adapun kebiasaan baik yang dapat dilakukan sebagai awalan dalam menciptakan rasa tersebut pada diri sendiri, yaitu:

  • Hemat dalam Penggunaan Listrik dan Air

Melakukan penghematan konsumsi listrik dan air merupakan salah satu wujud peduli terhadap lingkungan. Air sebagai sumber kehidupan harus digunakan dengan bijak. Meskipun di daerah Teman Peduli tidak mengalami kesulitan sumber daya air, bukan berarti Teman Peduli dapat secara bebas dan boros dalam penggunaan sumber daya air ya. Masih banyak di luar sana teman-teman kita yang kesulitan dalam menikmati sumber daya air bersih.

Seperti yang dialami oleh Saudara kita di daerah Timur sana, mereka kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Bantu teman-teman kita di daerah Timur untuk mendapatkan air bersih yang layak, dengan berdonasi di ayobantu pada campaign Cukupi Kebutuhan Air Bersih Indonesia Timur.

Memastikan kran air telah terkunci setelah menggunakannya, bisa menjadi salah satu kebiasaan baik yang dapat diadopsi untuk menjaga lingkungan sekitar. Tak hanya itu, rasa peduli tersebut dapat ditunjukkan dengan penghematan dalam konsumsi pemakaian listrik. Mematikan Listrik yang sudah tidak digunakan dan mematikan lampu pada siang hari, juga termasuk dalam peduli lingkungan

  • Memisahkan dan Membuang Sampah Pada Tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya dan melakukan pemisahan antara sampah organik dan anorganik. Pemisahan sampah ini akan memudahkan kita dalam mengolah sampah rumah tangga.

  • Memilih Produk yang Ramah Lingkungan

Untuk menanamkan rasa peduli lingkungan dapat dilakukan dengan cara memilih produk yang ramah terhadap lingkungan. Produk ramah lingkungan yaitu produk yang terbuat dari bahan yang bisa didaur ulang dan dapat digunakan kembali.

  • Mengenal Konsep Reduce, Reuse, dan Recycle

Konsep reduce, reuse dan recycle perlu untuk dipahami. Memahami konsep ini dengan baik merupakan cara yang efektif untuk menciptakan rasa peduli lingkungan pada diri.

  • Mengisi Waktu Luang dengan Berkebun

Kegiatan berkebun merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk melestarikan lingkungan. Semakin banyak tanaman yang tumbuh dan berkembang, lingkungan sekitar juga akan menjadi sehat. Kegiatan bertanam tidak harus dilakukan di lahan yang luas, kegiatan bertanam juga dapat dilakukan di rumah dengan memanfaatkan lahan seadanya.

  • Menggunakan Kendaraan Umum

Memilih untuk menggunakan kendaraan umum dibanding dengan mengunakan kendaraan pribadi, merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan sebagai wujud peduli lingkungan. Menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak tempuh yang singkat, akan menambah polusi udara yang tentunya tidak baik untuk lingkungan. Berkurangnya polusi udara akan membuat lingkungan menjadi bersih.

  • Melakukan Aktivitas di Alam Bebas

Melakukan kegiatan di luar ruangan merupakan salah satu kiat untuk menanamkan rasa peduli lingkungan pada diri. Kegiatan mengeksplor alam akan membuat kesadaran pada diri, betapa indahnya alam sekitar dan pentingnya menjaga alam tersebut untuk diwariskan kepada anak cucu nantinya.

.