Platform Donasi Online

Kiat Memilih Platform Donasi Online Terpercaya

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021, Indonesia kembali dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, donasi atau kegiatan yang didasari oleh semangat kedermawanan ini memiliki akar yang sangat kuat di Indonesia. Jiwa gotong royong yang dimiliki oleh bangsa Indonesia lah menjadi salah satu faktor pendorong terbesarnya.

Donasi merupakan salah satu kegiatan dengan tujuan untuk memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan atau lingkungan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, cara untuk melakukan donasi pun ikut mengalami perkembangan. Saat ini donasi dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menemui atau datang langsung untuk memberikan donasinya.

Perkembangan teknologi membuat banyaknya bermunculan platform donasi online yang dapat memudahkan masyarakat untuk berdonasi. Namun, kita harus teliti dalam memilih platform yang akan kita jadikan sebagai sasaran. Perkembangan teknologi tersebut juga membuat beberapa pihak berniat untuk mendulang keuntungan dengan cara menipu orang-orang yang ingin melakukan kebaikan.

Teman Peduli, berikut ini kita memilih platform donasi online terpercaya. Disimak dengan baik ya Teman Peduli, supaya donasi kamu tersalurkan kepada orang yang tepat!

Baca Juga: Panduan Donasi dan Penggalangan Dana di Ayobantu.com

  • Pilihlah Paltform Donasi yang Telah Mengantongi Izin

Platform Donasi

Pilih Platform Donasi yang Legal

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan yaitu memastikan apakah paltform donasi yang telah kamu pilih tersebut memiliki legalitas dan status hukum atau tidak. Platform yang sudah legal secara hukum memiliki jaminan bahwa lembaga donasi tersebut bekerja di bawah pengawasan pihak yang berwenang. Apabila terjadi penyelewangan dana donasi dan penipuan dapat diproses melalui hukum.

Negara Indonesia memiliki instrument untuk mengatur kegiatan pengumpulan donasi yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1961 mengenai Pengumpulan Uang atau Barang dan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1980 mengenai Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan. Sedangkan untuk kegiatan pengumpulan donasi secara online, diatur oleh Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 mengenai Standar Operasional Prosedur Pelayanan Izin Undian Gratis Berhadiah dan Pengumpulan Uang atau Barang dengan Sistem Online.

For your information, buat kamu yang ingin berdonasi di Ayobantu tidak usah khawatir dan takut. Dana donasimu tidak akan diselewengkan dan akan dipertanggung jawabkan. Ayobantu telah mengantongi izin Penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang untuk Non Bencana (PUBNB) dari Kementrian Sosial dengan SK Kemensos RI Nomor 661/HUK-PS/2020. Ayobantu juga telah mengantongi izin Penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang dengan SK Kemensos RI Nomor 517/HUK-PS/2020.


  • Periksa Rekam Jejak Platform Donasi Tersebut

Platform Donasi

Periksa Rekam Jejak Platform Donasi

Cari tahu sepak terjang platform donasi online tersebut melalui internet atau media sosial. Apabila platform tersebut tidak pernah tersandung kasus dan diberitakan negatif, penggalangangan dana dilakukan secara transparant dan mudah diakses oleh publik, maka platform donasi tersebut sudah bisa dinyatakan aman.

Di platform Ayobantu, siapa saja dapat dengan mudah mengakses dan mengetahui mengenai seluruh rangakaian kegiatan donasi yang telah dilakukan. Hingga saat ini sebanyak 24.286 Teman Peduli telah melakukan donasi di Ayobantu dengan total dana yang terkumpul hampir senilai 3.978.496.396. Informasi ini dapat Teman Peduli lihat langsung di website resmi Ayobantu.

Baca Juga: Cara Hitung Biaya Bangun Rumah dan Contohnya


  • Pilihlah Platform Donasi yang Transparant

Platform Donasi

Pilihlah Platform Donasi yang Transparant

Transparansi menjadi salah satu bahan pertimbangan yang akan menentukan sesorang akan berdonasi pada sebuah platform atau tidak. Dengan adanya transparansi, maka para donatur akan mengetahui apakan donasi yang mereka berikan telah tersalurkan atau tidak. Transparansi sebuah platform donasi online dapat terlihat dari informasi seberapa banyak donasi yang telah terkumpulkan selama ini, berapa banyak orang yang telah berdonasi, dan lain-lain.

Di platform donasi Ayobantu kamu bisa mengetahui semua informasi tersebut melalui website resminya. Informasi mengenai total jumlah donasi yang terkumpulkan hingga saat ini dan berapa orang yang telah ikut berpartisipasi untuk berdonasi dapat diketahui dengan mudah.

 

  • Kemudahan Akses

Platform Donasi

Pilih Platform Donasi yang Aksesnya Mudah

Kemudahan akses suatu platform donasi akan turut memberikan pengaruh terhadap banyaknya jumlah orang yang akan berdonasi. Sistem yang susah untuk dioperasikan dan dimengerti akan membuat orang-orang menjadi malas duluan sebelum melakukan suatu transaksi. Kemudahan yang ditawarkan akan membuat seseorang menjadi loyal.

Nah, proses donasi di Ayobantu sangat mudah dan praktis. Kamu hanya perlu menggunakan perangkat yang telah tersambung dengan jaringan internet. Sat set sat set donasimu telah tersalurkan!


  • Gunakan Platform Donasi yang Berpengalaman

Platform Donasi

Pilihlah Platform Donasi yang Telah Berpengalaman

Platform donasi online yang telah memiliki pengalaman maka kemampuan mereka dalam bekerja terutama dalam melakukan penggalangan dana hingga penyaluran dana donasi dilakukan secara kompeten.

Di Ayobantu sendiri, jumlah orang yang berdonasi mencapai 24.286 dan sebanyak  119 mitra yang telah bekerjasama dan terbantu.

Itulah kiat memilih platform donasi online terpercaya. Hati-hati dalam memilih platform donasi, jangan sampai niat baik kamu tidak tersalurkan kepada orang yang membutuhkan.

Jadi tunggu apalagi Teman Peduli, percayakan kepada Ayobantu untuk meneruskan niat baikmu!