Ayobantu, sebagai platform galang dana dan donasi online terpercaya di Indonesia, berhasil memfasilitasi berbagai pihak dalam menjalankan aksi kebaikan sepanjang tahun 2023. Kunci keberhasilan Ayobantu, yang memulai misinya di tengah pandemi tahun 2020, adalah kepercayaan yang diberikan oleh para #TemanPeduli dan kolaborasi dengan #MitraPeduli.

Dalam perjalanan saling membantu dan peduli, Ayobantu tumbuh pesat pada tahun ini dengan melibatkan lebih dari 500 #MitraPeduli dan #BrandPeduli dalam berbagai aksi kebaikan. Inovasi yang dilakukan sepanjang tahun membantu lebih dari 4 ribu penerima manfaat melalui 564 kampanye galang dana di 25 provinsi dan 64 kota di Indonesia.

Pertumbuhan aksi gotong royong #TemanPeduli tercatat signifikan, dengan total donasi mencapai lebih dari Rp 4 miliar pada tahun 2023. Dukungan ini tercermin dalam kenaikan traffic donasi sebesar 64% dari tahun 2022 dan lebih dari 25 ribu transaksi donasi pada 564 kampanye di Ayobantu.

Ayobantu berkolaborasi dengan 275 #MitraPeduli untuk memperbesar dampak aksi kebaikan. Jumlah #MitraPeduli meningkat 89% dari tahun sebelumnya, tersebar di 20 provinsi di Indonesia. Selain membantu sesama, komunitas dan yayasan juga turut berkontribusi melalui kampanye galang dana yang kreatif, termasuk melalui event olahraga lari dan sepeda.

Event olahraga lari, seperti Run Against Cancer 2023, SatuKata Peduli 3, dan Run For Zero Thalassemia, berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 2,3 miliar dari 11,994 donatur dan 3,810 fundraiser. Demikian juga, event sepeda berhasil menggalang lebih dari Rp 675 juta melalui partisipasi 1,359 #TemanPeduli.

Tak hanya melalui event olahraga lari, galang dana juga dikemas secara kreatif melalui event sepeda. Tak hanya kesehatan dan kebugaran yang bisa dicapai, aksi kebaikan dan membantu sesama juga bisa sekaligus terlaksana. Aksi kebaikan melalui event sepeda ini dilakukan secara offline. Galang dana yang dilakukan melalui event bersepeda, berhasil mengumpulkan 83 lebih fundraiser, lebih dari Rp 675 juta donasi yang terkumpul dengan lebih dari 1300 #TemanPeduli yang bergabung.

Data menunjukkan bahwa sebagian besar #TemanPeduli berasal dari organic, Instagram dan Facebook pada tahun 2023, dengan 37,1% menggunakan Go-pay sebagai metode pembayaran donasi. Ayobantu juga berhasil memfasilitasi lebih dari 20 #BrandPeduli dalam mengembangkan lebih dari 25 program CSR dengan total bantuan dana senilai lebih dari Rp 1 miliar dan bantuan barang lebih dari 1,100 pcs.

Di sepanjang tahun 2023, Ayobantu terus melakukan inovasi untuk memberikan layanan platform kebaikan yang memberikan kemudahan kepada masyarakat, komunitas, yayasan, dan perusahaan untuk melakukan penggalangan dana dan berdonasi online dengan aman, transparan, serta bisa dipertanggungjawabkan. Inovasi ini  melalui beberapa fitur kebaikan terbaru diantaranya Fitur Zakat, Fitur Kurban, Penjualan Merchandise, dan Link Referral berupa Saldo Peduli.

Melanjutkan aksi kebaikan pada tahun sebelumnya, Ayobantu meluncurkan Fitur baru yang akan dirilis pada tahun 2024 yaitu Sociatrip, dan Aplikasi Ayobantu versi Android. Sociatrip merupakan fitur kebaikan yang mengusung tema #PergidanBerbagi, serta aplikasi Ayobantu yang akan rilis di Playstore untuk memudahkan para Teman Peduli berdonasi.

Dengan prestasi yang telah diraih, Ayobantu optimis untuk terus memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia di tahun 2023. Sebagai jembatan kebaikan, Ayobantu siap melanjutkan perannya sebagai perpanjangan tangan untuk mendukung berbagai aksi kebaikan di masa mendatang.